Raditman Ansyar dan Sastri Putri Terpilih Jadi Duta Wisata Wakatobi 2022

314
Raditman Ansyar dan Sastri Putri Terpilih Jadi Duta Wisata Wakatobi 2022
GRAND FINAL - 14 peserta Duta Wisata Wakatobi berpose menggunakan pakaian khas Buton. (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Raditman Ansyar La Dae dan Sastri Putri Tarani terpilih sebagai Duta Wisata Wakatobi 2022. Keduanya akan mewakili Wakatobi dalam ajang pemilihan putra-putri wisata tingkat Provinsi Sultra.

Raditman dan Sastri dinobatkan sebagai duta wisata dalam grand final Pemilihan Duta Wisata Wakatobi yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Wakatobi, di aula Pesanggrahan Budaya, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Sabtu malam (4/6/2022).

Bupati Wakatobi Haliana berpesan pada disparekraf agar mematangkan dengan baik sehingga bisa meraih prestasi yang lebih membanggakan seperti pendahulunya. Tidak hanya pada skala regional, tetapi pada skala nasional maupun internasional.

Kata Haliana, Wakatobi telah menjadi salah satu item pariwisata nasional dengan ditetapkannya sebagai salah satu dari top 10 destinasi wisata prioritas nasional atau 10 Bali baru.

Posisi yang sangat strategis tersebut harus dimaknai sebagai suatu peluang, sekaligus tantangan bagi semua pihak dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Raditman Ansyar dan Sastri Putri Terpilih Jadi Duta Wisata Wakatobi 2022
Duta Wisata Wakatobi Tahun 2022.

“Yang terpilih menjadi Duta Pariwisata Wakatobi dapat bersinergi untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan perhelatan besar Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit Wakatobi 2022 dan kunjungan kerja Presiden RI,” ujarnya.

Kader PDI Perjuangan ini melanjutkan, pemilihan duta wisata yang diselenggarakan setiap tahunnya tentu memiliki arti yang sangat positif. Sebagai media edukasi dan memberikan ruang bagi generasi milenial di Wakatobi untuk mengenali lebih jauh semua potensi wisata yang dimiliki, dan berperan aktif untuk mempromosikan daerah.

Duta wisata ini juga diharapkan menjadi influencer yang aktif mempromosikan dan meningkatkan citra positif pariwisata Wakatobi. Apalagi saat ini Wakatobi mendapatkan dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak. Khususnya pemerintah pusat yang memungkinkan Wakatobi melakukan percepatan pembangunan daerah terutama berkaitan dengan kepariwisataan.

“Saat ini sangat terbuka lebar kesempatan kita untuk lebih memicu pembangunan daerah guna mencapai cita-cita bersama menjadikan Wakatobi kabupaten konservasi maritim yang sentosa serta menjadikan Wakatobi sebagai destinasi wisata berkelas dunia,” jelasnya.

Duta wisata kategori Putra Raditman Ansyar La Dae mengungkapkan, sebagai duta wisata terpilih, langkah awal yang bakal dia lakukan adalah melanjutkan program duta wisata sebelumnya. Untuk memaksimalkan itu, dia mengaku akan bekerja lebih keras dengan memperkenalkan lagi pariwisata ke kalangan pemuda.

BACA JUGA :  Presiden Joko Widodo Resmikan KSPN Wakatobi, Begini Harapannya

“Khususnya dalam rangka mendigitalisasikan pariwisata Wakatobi dan memulihkan pariwisata. Selain itu, juga memberikan lonjakan terhadap pariwisata Wakatobi melalui pemberdayaan, sharing di media sosial (digital marketing). Yang paling penting adalah bagaimana berkolaborasi dengan pemerintah, komunitas, masyarakat dan berbagai pihak,” paparnya.

Begitu pun duta wisata terpilih Sastri Putri Tarani. Menurutnya, sebagai salah satu 10 Bali Baru, kebersihan objek wisata di Wakatobi perlu menjadi perhatian karena kebersihan akan mempengaruhi potensi pariwisata itu sendiri tersebut. (b)

Berikut daftar duta wisata Wakatobi 2022:

Kategori Putra:
Juara 1 – Raditman Ansyar La Dae
Juara 2 – Laode Musaldin
Juara 3 – Nur Rahmat

Kategori Putri :

Juara 1 – Sastri Putri Tarani
Juara 2 – Dhea Ananda
Juara 3 – Yuyun Rusfiati Salahuddin
Juara Favorit – Novia Jushu Ramadhani


Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini