Sultra Lolos Empat Besar Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia

Dispar Sultra Dorong Penguatan Tata Kelola Pariwisata Berkelanjutan
H Belli

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mencatatkan prestasi tersendiri di sektor kepariwisataan nasional. Sultra berhasil masuk empat besar kandidat juara dalam ajang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2023 yang digelar Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Hal tersebut terungkap dalam rapat online, Kamis (23/11/2023), yang diselenggarakan secara bersama-sama antara Kedeputian Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI bersama dengan empat provinsi yang dinyatakan lolos dalam penilaian tahap pertama.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Belli mengatakan, Sultra masuk dalam nominasi juara bersama dengan Provinsi Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Nusa Tenggara Barat. Dikatakan, penentuan empat besar itu dilakukan setelah melalui dua tahapan, yakni penilaian dan presentasi.

Pada tahap penilaian, tim reviewer Kemenkomarves menilai kebijakan sektor kepariwisataan pemerintah daerah dengan menggunakan delapan indikator. Pertama, pertumbuhan pergerakan wisatawan nusantara. Kedua, jumlah viewers promosi digital. Ketiga, tagline/slogan kampanye BBWI.

BACA JUGA :  Pesan untuk Saling Memaafkan di Balik Tradisi Posepa'a

Keempat, anggaran pariwisata. Kelima, jumlah event skala regional/nasional/internasional. Keenam, strategi peningkatan pariwisata domestik daerah. Ketujuh, destinasi terkurasi. Kedelapan, travel pattern (pola perjalanan wisata).

“Kita telah mengisi format penilaian itu berdasarkan kriteria yang diminta. Di tahap selanjutnya, kami juga telah melakukan presentasi di hadapan para reviewer,” jelas Belli.

Berdasarkan hasil penilaian dan presentasi tersebut, kata Belli, Sultra bersama tiga provinsi lainnya akan menjalani kunjungan dari tim reviewer untuk melakukan beberapa verifikasi. Tim reviewer tersebut tidak hanya berasal dari Kemenkomarves tapi juga dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta akademisi.

Rencananya, kunjungan tim tersebut secara serentak di empat provinsi akan berlangsung pada tanggal 27-29 November 2023.

“Kita berharap Sultra bisa memperoleh hasil terbaik dalam visitasi ini. Masuk dalam empat besar merupakan sebuah pencapaian luar biasa, mengingat provinsi lain di Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat kompetitif,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Tari Lariangi, Seni Menyambut Tamu dengan Rasa Hormat

Kinerja kepariwisataan Sultra di tahun 2023 ini menunjukkan trend yang positif. Hal itu salah satunya terlihat dari perjalanan wisnus yang telah melampaui target hingga September, yakni mencapai 9.232.680 dari target 6,6 juta perjalanan atau 139,8 persen.

Secara nasional, perjalanan wisnus baru mencapai 629,06 juta dari target 1,2-1,4 miliar perjalanan. Sehingga, capaian Sultra yang melampaui target itu merupakan catatan positif tersendiri.

Berdasarkan data BPS, postur pergerakan wisnus Sultra didominasi oleh perjalanan wisnus dari luar provinsi, yakni 5,66 juta perjalanan. Sedangkan perjalanan dalam provinsi sebanyak 3,57 juta perjalanan. Hal ini menunjukkan lebih banyak orang dari luar provinsi yang berkunjung ke Sultra ketimbang orang Sultra yang melakukan perjalanan di dalam daerah.

Sebelumnya, Sultra juga menjadi tuan rumah kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (Bernas BBI/BBWI). (*)

 


Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini