Tahun Depan, Bisnis E-commerce Masih Menjanjikan

Tahun Depan, Bisnis E-commerce Masih Menjanjikan
ICEE - Business Development Executive AsiaCommerce, Veneranda Adelia Wijaya mengatakan bahwa sejak tahun 2016 hingga 2017 Indonesia menempati posisi pertama pengguna internet se-Asia Tenggara. Rata-rata pertumbuhannya sekitar 51% setiap tahunnya, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Selatan, Sabtu (9/12/2018). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Perdagangan online atau e-commerce masih menjadi lahan bisnis yang menjanjikan bahkan hingga tahun depan. Pesatnya pertumbuhan pengguna internet dan pengguna telepon pintar disertai meningkatnya konsumsi masyarakat menjadikan bisnis e-commerce semakin berkembang.

Berdasarkan data dari Tradingeconomic, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 1 triliun US$ Amerika Serikat atau setara Rp 15 triliun. Para pelaku usaha dapat memanfaatkan e-commerce atau platform marketplace untuk menjual produk-produknya.

“Kita tahu bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat besar dengan jumlah penduduk yang juga besar,” ujar CEO dan Founder Rocketindo dalam acara International Electronics Supply Chain Conference (Inescon) dalam rangkaian International Consumer Electronics Expo (ICEE) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Selatan, Sabtu (9/12/2018).

Rocketindo merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan jasa lintas negara. Perusahaan Taiwan ini telah bekerjasama dengan marketplace besar di Indonesia seperti Blibli.com.

Perusahaan penyedia layanan jasa lintas negara lainnya adalah AsiaCommerce yang juga turut membagikan pengalamannya dalama rangkaian acara ICEE ini.

Business Development Executive AsiaCommerce, Veneranda Adelia Wijaya mengatakan bahwa sejak tahun 2016 hingga 2017 Indonesia menempati posisi pertama pengguna internet se-Asia Tenggara. Rata-rata pertumbuhannya sekitar 51% setiap tahunnya.

“Akan ada lebih dari 46% pengguna baru yang akan menjadi pembeli pertama tahun depan,” terang Veneranda dalam acara yang sama.

Ia juga mengatakan bahwa tak hanya perempuan, laki-laki juga melakukan pembelian produk secara online. Dengan e-commerce, masyarakat Indonesia yang berada di luar jawa dapat mendapatkan produk seperti yang digunakan masyarakat di Jawa. Begitu juga sebaliknya.

Dengan mengusung tema “Speed Up Your Business With E-commerce, Inescon mencoba mempertemukan e-commerce enablers dan e-commerce services, serta pendukung lainnya seperti logistic dan warehouse, solusi pembayaran online maupun offline merchant, distributor dan pengusaha manufaktur dari berbagai negara. (B)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Tahir Ose

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini