Taspen Siapkan Dua Cara Pengambilan Uang Pensiun di Tengah Wabah COVID-19

Taspen Siapkan Dua Cara Pengambilan Uang Pensiun di Tengah Wabah COVID-19
PT Taspen (Persero)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Taspen (Persero) menyiapkan dua cara untuk pengambilan uang pensiun di tengah wabah Novel Coronavirus (COVID-19).

Branch Manager Taspen Kendari Fuji Widya Rachmadi mengungkapkan dengan ditetapkannya perpanjangan status keadaan darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19 di Indonesia, Taspen menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sehingga pelayanan pembayaran pensiun bulan April 2020 melalui perbankan tidak dilakukan dengan kehadiran fisik atau secara langsung.

Baca Juga : Begini Cara PT Taspen Kendari Cegah Penyebaran COVID-19

Saat ini jumlah peserta pensiun di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 31.008 orang dan Taspen Kendari sudah bekerja sama dengan 10 Mitra Bayar termasuk PT. POS Indonesia dengan jumlah penyaluran dana lebih dari Rp82 miliar setiap bulan.

“Oleh sebab itu, sesuai arahan Kantor Pusat bahwa proses pengambilan uang pensiun bulan April dapat melalui beberapa cara,” ungkap Fuji melalui siaran persnya, Selasa (31/3/2020).

Pertama, melalui mitra bayar Bank, apabila peserta sudah pernah melakukan perekaman wajah, suara dan Sidik jari (enrollment) dan memiliki Kartu Automatic Teller Machine (ATM), dapat mengambil langsung uang pensiun melalui ATM.

Jika peserta belum memiliki ATM, dapat melalui Mitra Bank masing-masing dan (tetap menjaga Social dan Physical Distancing). Kemudian bagi peserta yang belum melakukan enrollment tidak perlu khawatir, pihak Mitra bank akan melakukan kontak atau video call untuk memastikan peserta masih berhak dan dapat mengambil uang pensiun melalui ATM.

Kedua, melalui PT. Pos Indonesia, peserta dapat hadir ke kantor Pos terdekat, namun diharapkan tidak perlu datang di awal bulan untuk mengantisipasi kondisi ramai, apalagi PT. Pos Indonesia di wilayah Sultra tetap melayani mulai awal hingga akhir bulan April.

Taspen berharap, mitra bank dan pos tetap melakukan Social dan Physical Distancing terhadap pelayanan pembayaran pensiun dengan menjaga keamanan dan kesehatan para peserta pensiun baik dengan memberi jarak antrian minimal 1 meter dalam mengantisipasi kepadatan peserta pensiun, pengecekan suhu peserta dan ketersediaan handsanitizer maupun wastafel untuk mencuci tangan harus disiapkan.

Selain itu, Taspen Kendari berharap percepatan pencetakan Smartcard / kartu ATM untuk peserta pensiun agar mereka dapat mengambil uang pensiun melalui mesin ATM.

Baca Juga : Wali Kota Kendari Sumbangkan Gaji 6 Bulan Bantu Atasi Corona

“Arahan ini sudah jelas, karena Taspen sendiri sudah mengimplementasikan Teknologi Digital Layanan pembayaran pensiun (DILAN) melalui aplikasi “Taspen otentikasi” yang dapat di download dalam versi android maupun IOS/Apple dan diinstal di masing-masing Smartphone baik pribadi maupun keluarga,” katanya.

Para peserta pensiun setiap awal bulan dapat memanfaatkan teknologi ini dengan menggunakan aplikasi Taspen otentikasi dengan wajah, setelah berhasil uang pensiun akan masuk secara otomatis ke rekening masing-masing dan dapat diambil melalui ATM. Menurut Fuji, selama proses tanggap darurat wabah Covid-19 ini kegiatan perekaman wajah, suara dan sidik jari (enrollment) ditiadakan. B

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Rosnia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini