Tina Nur Alam Salurkan 2 Ribu Beasiswa S1 dan 75 Ribu Beasiswa Pelajar di Sultra

254
Tina Nur Alam Seru Warga Sultra untuk Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Tina Nur Alam

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Anggota Komisi X DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) Tina Nur Alam telah memberikan 2 ribu beasiswa S1 untuk mahasiswa yang berkuliah di Sultra maupun di luar daerah dan lebih dari 75 ribu beasiswa pelajar selama ia menjabat.

Ia mengatakan, bahwa hal tersebut merupakan upaya yang dilakukannya di Komisi X DPR RI agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah hanya karena terkendala biaya. Khusus untuk mahasiswa, ia hanya memberi pada jenjang S1 saja.

“SPP-nya itu langsung di transfer ke universitas tersebut dan biaya hidup langsung di transfer ke rekening mahasiswa. Dan jumlahnya tergantung zona dimana universitas tersebut berada,” ucapnya saat ditemui di Kendari pada Selasa (9/5/2023).

Politisi Nasdem tersebut mengatakan, bahwa untuk beasiswa pelajar diperuntukan bagi siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK yang tersebar di 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra. Bantuan tersebut sangat terasa bagi masyarakat utamanya saat pandemi Covid-19.

Ia mengaku, pemberian bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) berupa KIP di Sultra merupakan inisiasinya sebagai anggota Komisi X DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan pendidikan mengingat Sultra masih jauh di bawah pulau Jawa dalam hal pendidikan.

Persyaratan untuk mendapatkan KIP ialah anak-anak tidak mampu ataupun yang berprestasi. Bagi mahasiswa, harus memiliki IPK di atas tiga dan tidak boleh menikah hingga semester delapan atau sampai selesai.

” Tahun ini kami kembali menyiapkan kuota 500 beasiswa untuk S1,” tuturnya. (B)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini