Tingkatkan Pembinaan Lembaga Mahasiswa, UMW Kendari Hadirkan Andi Lukman

Tingkatkan Pembinaan Lembaga Mahasiswa, UMW Kendari Hadirkan Andi Lukman
Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, menghadirkan Kepala LLKDIKTI Wilayah IX Sultan Bantara, Andi Lukman untuk memberikan pembinaan lembaga mahasiswa lingkup UMW Kendari, di Aula lantai 3 UMW Kendari, pada Jumat

ZONASULTRA.ID, KENDARI- Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menghadirkan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultan Bantara, Andi Lukman untuk memberikan pembinaan lembaga mahasiswa lingkup UMW Kendari, di Aula lantai 3 UMW Kendari, pada Jumat (19/5/2023).

Kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan lembaga mahasiswa UMW Kendari seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPSl)/Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) untuk memaksimalkan potensi mahasiswa meraih prestasi gemilang.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultan Bantara Andi Lukman mengungkapkan, lembaga mahasiswa mampu memperkuat kapasitas mahasiswa dalam berorganisasi yang kompeten, modern, berkarakter, dan berketerampilan.

Kemudian dapat meningkatkan kapasitas perguruan tinggi dalam menguatkan melalui organisasi serta memberikan kesempatan untuk lebih efektif menjadi wahana penguatan karakter, keterampilan dan pengetahuan.

“Dalam hal ini agar bisa meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan karakter karena selama ini program tinggi akademik memang lulusan cerdas semua tapi agak minim keterampilan, dulu itu teori terus. Sehingga diambillah melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) agar mahasiswa itu lulusannya seimbang,” katanya usai memberikan sedikit motivasi kepada lembaga mahasiswa UMW Kendari.

BACA JUGA :  UMW Kendari Lantik 11 UKM Periode 2023-2024

Tingkatkan Pembinaan Lembaga Mahasiswa, UMW Kendari Hadirkan Andi Lukman

Ia mengungkapkan dalam organisasi mahasiswa bisa menambah karakter menjadi lebih baik karena nantinya para mahasiswa akan diajarkan menjadi pemimpin dan cara-cara mengambil keputusan yang baik.

“Beberapa mahasiswa memang memiliki karakter dan latar belakang berbeda-beda. Ada yang mengarah ke pencapaian prestasi akademik dan lain lain. Itu termasuk dinamika kampus,” ungkapnya

Rektor UMW Kendari Ratna Umi Nurlila menyampaikan, tujuan pelaksaan ini untuk menguatkan lembaga mahasiswa yang sudah dilantik dan bisa dimaksimalkan agar dapat outputnya. Sentuhan langsung dari LLDIKTI ini untuk memberikan pembinaan kepada lembaga mahasiswa khususnya yang terlibat dalam organisasi.

“Melihat tahun kemarin, animo mahasiswa dalam berorganisasi itu rendah, banyak problemnya mereka, tetapi kemauan mereka dalam menjalankan programnya masih lemah melihat karena keterbatasan waktu. Rata-rata kan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mereka memiliki praktikum, itulah kesulitan membagi waktunya, tetapi itu bukan sebagai alasan sebenarnya, mereka bisa memanajemen waktu dengan baik,” tandasnya

BACA JUGA :  Mahasiswa Prodi Magister Kesmas UMW Kendari Gelar Webinar Internasional

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UMW Kendari, Toto Surianto menambahkan Lembaga Mahasiswa Lingkup UMW Kendari yang eksis di tingkat Universitas yakni UKM sementara di tingkat Prodi yakni HMPS dan HMJ. UKM dan HMPS/HMJ saat ini telah memiliki beberapa prestasi, baik prestasi akademik seperti pada Program Kreaktifitas Mahasiswa (PKM) maupun prestasi non akademik seperti olahraga dan seni.

Namum masih perlu pembinaan untuk memaksimalkan lagi potensi mahasiswa UMW sehingga bisa mengoptimalkan dalam mengikuti event nasional seperti yang bisa kita lihat informasinya pada Website Pusat Prestasi Nasional.

Oleh karena itu, dengan adanya Pembinaan langsung oleh kepala LLKDIKTI IX Sultan Bantara dapat memotivasi dan memberikan dorongan kepada pengurus UKM dan HPMS lingkup UMW yang sudah memiliki potensi ini agar bisa dimaksimalkan sehingga mendapatkan serta meningkat prestasi.

“Saya harap mahasiswa dapat termotivasi dalam berlembaga, karena lembaga mahasiswa adalah wadah dalam berorganisasi, tempat belajar memanajemen, dan melakukan kegiatan kegiatan dalam menambah pengetahuan dan keteramlilan, tambahnya. (B)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini