Tips Memilih dan Merawat Air Purifier

Tips Memilih dan Merawat Air Purifier
Tips Memilih dan Merawat Air Purifier

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Air purifier adalah alat yang dapat membersihkan udara dari partikel debu, asap, bakteri, virus, dan polutan lainnya. Air purifier dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan membantu mencegah penyakit pernapasan.

Berikut adalah beberapa tips memilih air purifier yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Perhatikan ukuran ruangan yang ingin Anda pasang air purifier

Pilihlah air purifier yang memiliki kapasitas sesuai dengan luas ruangan Anda. Jika ruangan Anda terlalu besar untuk air purifier yang Anda pilih maka efektivitasnya akan menurun.

Sebaliknya, jika ruangan Anda terlalu kecil untuk air purifier yang Anda pilih maka Anda akan menghabiskan listrik lebih banyak.

2. Perhatikan jenis filter yang digunakan oleh air purifier

Ada beberapa jenis filter yang umum digunakan, seperti HEPA (High Efficiency Particulate Air), karbon aktif, ionizer, UV (ultraviolet), dan plasmacluster.

Setiap jenis filter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. HEPA dapat menyaring partikel halus hingga 0,3 mikron, tetapi tidak dapat menghilangkan bau dan gas. Karbon aktif dapat menghilangkan bau dan gas, tetapi tidak dapat menyaring partikel halus.

Ionizer dapat menarik partikel debu dan kotoran dengan muatan listrik, tetapi dapat menghasilkan ozon yang berbahaya bagi kesehatan.

UV dapat membunuh bakteri dan virus, tetapi tidak dapat menyaring partikel debu dan asap. Plasmacluster dapat menghasilkan ion positif dan negatif yang dapat membunuh bakteri, virus, jamur, dan alergen, tetapi tidak dapat menyaring partikel debu dan asap.

3. Perhatikan fitur tambahan yang ditawarkan oleh air purifier

Beberapa fitur tambahan yang mungkin berguna bagi Anda adalah sensor kualitas udara, timer, remote control, mode tidur, mode otomatis, dan indikator penggantian filter.

BACA JUGA :  Realisasi Belanja Negara di Sultra Meningkat Rp1 Triliun

Sensor kualitas udara dapat menyesuaikan kecepatan kipas sesuai dengan kondisi udara di dalam ruangan. Timer dapat mengatur waktu nyala dan mati air purifier sesuai dengan jadwal Anda.

Remote control dapat memudahkan Anda mengoperasikan air purifier dari jarak jauh. Mode tidur dapat mengurangi suara kipas agar tidak mengganggu tidur Anda.

Mode otomatis dapat mengaktifkan atau menonaktifkan air purifier secara otomatis sesuai dengan kondisi udara di dalam ruangan. Indikator penggantian filter dapat memberitahu Anda kapan saatnya mengganti filter air purifier.

Tips Merawat Air Purifier agar Awet

Air purifier juga perlu dirawat agar tetap berfungsi dengan baik dan efisien. Berikut adalah beberapa tips merawat air purifier:

1. Bersihkan filter secara rutin

Filter adalah bagian penting dari air purifier yang menangkap partikel-partikel kotoran di udara. Jika filter kotor maka kinerja air purifier akan menurun dan konsumsi listrik akan meningkat.

Oleh karena itu, bersihkan filter sesuai dengan petunjuk manual atau setidaknya setiap 3-6 bulan sekali. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sikat lembut untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada filter.

2. Ganti filter jika sudah rusak atau tidak efektif lagi

Filter yang sudah terlalu kotor atau rusak tidak bisa dibersihkan lagi dan harus diganti dengan yang baru. Biasanya, produsen air purifier akan memberikan indikator atau alarm pada alatnya untuk memberitahu kapan filter harus diganti.

Jangan mengabaikan indikator ini karena filter yang sudah tidak berfungsi akan mengurangi efektivitas air purifier dan bahkan bisa menjadi sumber polusi baru.

3. Letakkan air purifier di tempat yang tepat

BACA JUGA :  Realisasi Belanja Negara di Sultra Tahun 2023 Sebesar Rp29 Triliun

Pilih lokasi yang tidak terhalang oleh furnitur, tirai, atau benda-benda lain yang bisa mengganggu aliran udara. Juga, hindari meletakkan air purifier di dekat sumber polusi seperti dapur, asbak, atau tempat sampah.

Usahakan untuk menjaga jarak minimal 30 cm antara air purifier dan dinding atau langit-langit agar udara bisa beredar dengan baik.

4. Matikan air purifier jika tidak digunakan

Meskipun air purifier bisa beroperasi secara otomatis sesuai dengan kondisi udara, Anda tetap bisa menghemat listrik dengan mematikannya jika tidak ada orang di ruangan atau saat tidur.

Anda juga bisa menggunakan fitur timer atau mode hemat energi jika tersedia pada alat Anda.

5. Lakukan perawatan berkala oleh teknisi profesional

Selain merawat filter dan bagian-bagian lain yang bisa Anda lakukan sendiri, Anda juga perlu melakukan perawatan berkala oleh teknisi profesional sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh produsen.

Perawatan ini biasanya meliputi pembersihan bagian dalam alat, pengecekan fungsi komponen, dan penggantian suku cadang jika perlu.

Beli air purifier di Blibli.com adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin meningkatkan kualitas udara di rumah atau kantor.

Air purifier adalah alat yang dapat membersihkan udara dari debu, asap, bakteri, virus, dan polutan lainnya. Dengan air purifier, Anda dapat bernapas lebih sehat dan nyaman

Blibli.com menawarkan berbagai jenis dan merek air purifier dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin. Anda juga dapat menikmati fasilitas cicilan, gratis ongkir, dan garansi resmi dari blibli.com.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pesan air purifier di blibli.com sekarang juga dan rasakan perbedaannya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini