ZONASULTRA.COM, KENDARI – GOJEK melalui program GOJEK PEDULI mendistribusikan 7 ton bantuan awal untuk korban banjir dan longsor di Sentani, Jayapura. Tercatat 3 wilayah yang terkena dampak, diantaranya berada di Distrik Sentani (Posko Lapangan Auri), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru) dan Distrik Sentani Barat (Sabron Yaru), pada Sabtu (23/3/2019).
Mulawarman selaku Head of Regional Corporate Affairs for East Indonesia mengungkapkan, sehari setelah kejadian banjir dan longsor yang melanda Sentani 17 Maret lalu, GOJEK langsung mengerahkan personel untuk mensurvey dan menyiapkan bantuan langsung ke lokasi bencana. Tim terkait terus berupaya untuk mengontak seluruh mitra driver GOJEK di Sentani beserta kerabat untuk mengetahui kondisi terakhir.
“Bencana banjir dan longsor dan hujan deras yang menimpa saudara-saudara kita di Sentani menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia, termasuk kami. Untuk membantu meringankan beban mereka, kami dari GOJEK mengirimkan bantuan awal cepat tanggap,” kata Mulawarman melalui siaran pers kepada Zonasultra.com, Sabtu (23/3/2019).
(Baca Juga : Mahasiswa Papua di Kendari Galang Dana untuk Korban Banjir Sentani)
“Selama masa tanggap darurat, GOJEK melalui tim operasional di Jayapura mengirimkan 7 ton paket bantuan. Bantuan tersebut berupa air mineral, makanan siap saji, makanan bayi, selimut terpal dan kebutuhan vital lainnya,” ujarnya.
Lanjut dia, bantuan logistik yang diserahkan berupa air mineral 100 box, mie instan 100 box, biskuit 25 box, makanan bayi 50 box, pampers 15 box, pembalut 25 box, Terpal 50 lembar, selimut 100 lembar, air bersih 5 tangki, pakaian layak pakai penggalangan dari Komunitas Driver dan obat-obatan.
Bantuan transportasi berupa dua unit truk untuk distribusi bantuan ke tiga titik lokasi pengungsian di Distrik Sentani (Posko Lapangan Auri), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru) dan Distrik Sentani Barat (Sabron Yaru). Bantuan berupa Emergency response team untuk karyawan dan mitra driver di Kantor Cabang Jayapura yang siap melakukan pertolongan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Terkait bantuan sendiri, tak hanya datang dari manajemen, kepedulian terhadap korban bencana banjir dan longsor di Sentani juga ditunjukkan oleh para mitra driver GOJEK di Jayapura. Secara bersama-sama, para mitra driver GOJEK menggalang dana. Bahkan, ada beberapa komunitas driver yang turun langsung dengan membantu evakuasi warga, kendaraan dan barang-barang kebutuhan warga lainnya.
(Baca Juga : Gojek Gelar Festival Olahraga Mitra bersama Drivernya)
“GOJEK selalu bangga dengan para mitra driver kami yang berjiwa sosial tinggi dan memiliki inisiatif untuk membantu dan peduli terhadap sesama, termasuk korban bencana di Sentani. Kami melihat mitra kami selalu sigap tanpa pamrih untuk membantu korban bencana. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi memberikan dampak sosial bagi masyarakat bersama para mitra driver sebagai jantung dari ekosistem kami,” kata Mulawarman.
Selain mitra, Gojek juga mempersilahkan kepada pengguna aplikasi untuk memberikan donasi melalui Kitabisa.com dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam penggalangan dana bagi korban bencana banjir dan longsor di Jayapura.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh penguna aplikasi GOJEK adalah dengan membuka layanan GO-GIVE di menu utama aplikasi GOJEK. Secara otomatis layanan ini akan merujuk kepada website resmi Kitabisa.com dimana penggalangan dana dilakukan. Klik Donasi Sekarang, pengguna bisa memilih jumlah yang akan didonasikan, dengan nominal khusus kelipatan Rp 1000 yang ada pada pilihannya. Selain itu, pengguna dapat menyisipkan pesan yang mendukung program penggalangan dana ini.
Sebagai konfirmasi, klik Confirm & Pay serta masukan 6 digit PIN GO-PAY pengguna. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa donasi anda berhasil. Pastikan jumlah saldo GO-PAY yang anda punya sesuai dengan jumlah yang didonasikan. (a)