Unsultra Gelar Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring untuk Dosen

469
Unsultra Gelar Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring untuk Dosen
UNSULTRA - Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) siap menerapkan sistem pembelajaran daring (Spada). Oleh karena itu, kampus ini menggelar pelatihan selama empat hari kepada seluruh dosen. Pelatihan ini berakhir hari ini, Rabu (15/7/2020). (Mardin/ZONASULTRA.COM

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) siap menerapkan sistem pembelajaran daring (Spada). Oleh karena itu, kampus ini menggelar pelatihan selama empat hari kepada seluruh dosen. Pelatihan ini berakhir hari ini, Rabu (15/7/2020).

Rektor Unsultra Andi Bahrun mengatakan, kampus yang dipimpinnya ini sebenarnya sudah menerapkan sistem kuliah online atau belajar di rumah. Hanya saja masih ada kekurangan.

“Kemarin kita menggunakan aplikasi Zoom yang dikombinasikam dengan E-mail, WhatsApp, Google Classroom dan sebagainya. Ini kita akui masih ada hambatan,” kata Andi Bahrun di ruang kerjanya, Rabu (15/7/2020).

Biaya kuliah online menggunakan aplikasi tersebut, kata Andi Bahrun juga memberatkan mahasiswa. Sehingga pihak kampus mencari alternatif lain agar sistem pembelajaran daring berjalan efisien dan afektif.

Langkah pertama pihaknya telah bekerja sama dengan Telkom. Namun agar lebih efektif kampus mencari program-program lain yang lebih efisien.

Unsultra sendiri mempunyai sistem aplikasi learning manajemen system (LSM) atau Lark yang sudah melalui tahap training, baik dosen maupun mahasiswa.

“Tetapi ternyata yang dibutuhkan laporan ke dikti itu harus dalam bentuk Spada, sampai hari ini kami harus laporkan sistem pendidikan daring yang materinya sudah terupload semua,” ungkapnya.

Unsultra pun mengeluarkan dua SK. SK pertama untuk manajemen digital dan manajemen administrasi menggunakan aplikasi Lark.

Menurutnya, ke depan masih akan menggunakan aplikasi Lark tinggal bagaimana menyempurnakan karena Lark itu mempunyai kelebihan di antaranya fitur-fiturnya banyak, bisa menyimpan dokumen, bisa konsultasi skripsi langsung secara online,” tuturnya

Kemudian Rektor mengelurkan SK kedua yang mengatakan perkuliahan menggunakan Spada dan Unsultra sudah memiliki pin halaman khusus yaitu http://e-merdeka-unsultra.ac.id

” Allhamdulillah berjalan lancar semua materi ajar sudah diupload semua sehingga semester berikutnya Unsultra betul-betul sudah siap menggunakan sistem daring Spada denga istilah e-Merdeka,” pungkasnya. (b)

 


Penulis: M1
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini