Dinas P3A Konut, PT Antam dan Inalum Jalin Kerjasama Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Dinas P3A Konut, PT Antam dan Inalum Jalin Kerjasama Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
FOTO BERSAMA - Kadis P3A Konut (tengah), Martina, Asisten ll (kanan), Alisa, Kadis Kesehatan (kiri), Nurjannah Efendi melakukan foto bersama dalam kegiatan upacara HUT RI ke-73 di panggung penghormatan kantor bupati konut.(Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerjasama dengan PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Inalum di bidang ekonomi kreatif dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.

Kepala Dinas P3A Konut Martina mengatakan, program kerjasama ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan hidup dan pendapatan masyarakat di bidang ketahanan pangan, juga menciptakan kehidupan yang mandiri dan kreatif.

Dijelaskan Martina, pemanfaatan lingkungan hidup yang dimaksud adalah memanfaatkan pekarangan warga yang kosong untuk ditanami sayur-sayuran, cabai, tomat, pisang dan lain sebagainya. Untuk bibit, disiapkan langsung oleh Dinas P3A, PT Antam, dan PT Inalum.

BACA JUGA :  Dialiri Listrik, 200 KK di Konut Bebas Dari Kegelapan

Era kemajuan saat ini berpengaruh pada pola hidup masyarakat yang tidak seimbang. Kebanyakan pengeluaran lebih besar daripada penghasilan yang diperoleh. Dampaknya berjung pada meningkatnya angka kemiskinan.

“Upaya kita dari program ini meminimalisir pengeluaran ibu-ibu rumah tangga. Kegiatannya kecil tapi manfaatnya besar. Bayangkan kalau belanja sayur saja Rp50 ribu per hari, kali 1 bulan kan Rp1,5 juta. Tapi kalau kita manfaatkan lingkungan kita, hasilnya kan kita bisa nikmati dan dana Rp1,5 juta tadi bisa kita alihkan ke kebutuhan lain seperti biaya sekolah anak,” terang wanita bergelar master pendidikan ini di lapangan upacara HUT Rl ke-73, Jumat (17/8/2018).

BACA JUGA :  Surat Sekda Terkait Larangan Pejabat Daftar PPK dan Panwas Dikritisi JPKP Konut

(Baca Juga : 54 ASN Konut Terima Penghargaan di HUT RI ke 73)

Dia menambahkan, untuk memaksimalkan program ini pihaknya melakukan sosialisasi mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa dengan melibatkan instansi terkait.

“Kegiatan ini juga memberikan kontribusi besar untuk kesuksesan program P2WKSS yang kita laksanakan di Desa Tokowuta. Pada 2019 ini salah satu program prioritas kita untuk terus ditingkatkan hingga ke pelosok desa,” tukasnya. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini