Kabandara Optimis Citilink ATR 72 Beroperasi di Bandara Sugimanuru

Kepala Bandara Sugimanuru, Deden Chandra Komala
Deden Chandra Komala

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Kepala Bandara Sugimanuru, Deden Chandra Komala sangat optimis maskapai Citilink ATR 72 Seri 600 akan segera masuk di bandara tersebut, meski masih terkendala izin terbang.

Hal itu ditandai dengan dipasangnya sistem IT, logistik grondsuport nya sudah terpasang dan beberapa lainnya.

“Saya optimis pihak Citilink pasti masuk di Bandara Sugimanuru ini. Kalau seandainya tidak masuk, mana mungkin pihak perusahaan mau memasang kelengkapan sistem IT dan beberapa lainnya sudah siap. Jadi tinggal tunggu waktunya kapan mendarat di Mubar ini,” kata Komala saat ditemui di kantornya, Selasa (30/7/2019).

Komala, sapaan akrabnya mengatakan, pihak maskapai Citilink masih mengurus izinnya dan kendala lainnya. Mereka ingin mengisi slot yang ditinggalkan Garuda yakni pukul 09.00 wita dari Makassar. Tetapi waktu tersebut sudah dipakai oleh maskapai lain.

BACA JUGA :  Bupati Mubar Kerahkan Satpol PP untuk Tertibkan Kendaraan Dinas

Baca Juga : Penumpang Wings Air dari Makassar Meningkat 50 Persen di Bandara Sugimanuru

“Izin terbangnya itu sekarang masih dalam proses, untuk kepastian kapan akan mendarat di Bandara Sugimanuru. Dahulu itu, hanya satu lembaga dan sekarang sudah ada, Kemenhub, direktorat angkatan udara, Airnas Indonesia dan ada juga yang mengatur seluruh slok penerbangan di Indonesia yang namanya ASM,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, dalam pengurusan izin terbang ini, sekarang ada tiga instansi yang menangani. Sehingga prosesnya tidak mudah, misalnya kalau didaftar itu ada izin KIR, dan di penerbangan itu pasti ada juga izinnya.

BACA JUGA :  Penderita HIV/AIDS di Mubar Meningkat 38 Kasus di 2021

“Di Makassar sana ada banyak jenis pesawat, kalau kita terlambat masuk pasti kita kena holding. Mungkin sekarang pihak Citilink lagi mencari jadwal yang pasti untuk mendapatkan slok yang banyak, tapi mungkin tidak setiap hari bisa jadi tiga kali dalam seminggu,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk infrastruktur Bandara Sugimanuru sudah sangat siap. Pihaknya tinggal menunggu pihak maskapai penerbangan Citilink kapan siapnya.

“Luas terminal kita sudah di perluas menjadi 1600. Apalagi, kalau Citilink menggunakan Aurbus pasti sudah bisa mendarat,” tutupnya. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini