Penyaluran BLT, Masyarakat Konut Diminta Terus Perangi Corona

161
Penyaluran BLT, Masyarakat Konut Diminta Terus Perangi Corona
PENYALURAN BLT - Bupati Konut, Ruksamin bersama jajarannya saat meluncurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang dialokasikan melalui dana desa secara simbolis di wilayah Kecamatan Sawa. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin meluncurkan (launching) penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat pada Sabtu (9/5/2020) di Kecamatan Sawa.

BLT tersebut, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan melalui dana desa. Tujuannya sebagai penanggulangan ekonomi masyarakat untuk memperoleh kebutuhan hidup di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona saat ini.

Bupati Konut, Ruksamin mengharapkan dengan dikucurkannya BLT, masyarakat setempat dapat terus berperan aktif bersama pemerintah memerangi Covid-19 dengan cara mematuhi aturan, protokol kesehatan, mengenakan masker saat keluar rumah dan upaya lainnya dalam mengatasi wabah mematikan itu.

BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Konut Minta ASN Bersikap Netral

“BLT ini adalah salah satu cara pemerintah untuk melindungi warganya terhadap ancaman Covid-19. Olehnya itu, kami berharap bantuan yang diperoleh dapat dimanfaatkan dengan baik. Kalau untuk penyalurannya kita lakukan secara bertahap di semua kecamatan,” kata Ruksamin.

Dia menjelaskan, tiap kepala keluarga (KK) penerima BLT masing-masing memperoleh Rp600 ribu dengan cara nontunai atau ditransfer langsung ke rekening penerima. Peluncuran BLT ditandai dengan penyerahan buku tabungan ke kepala desa selanjutnya diteruskan ke masyarakat penerima.

Realisasi penerima dana BLT mempunyai mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Bagi masyarakat yang telah memperoleh bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), atau berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan aparat desa tidak bisa lagi menerima BLT. Jika hal itu terjadi maka dapat dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

“Saya meminta kepada para kepala desa agar terus berada di garda terdepan memaksimalkan pengamanan di desa masing-masing untuk sama-sama kita memerangi Covid-19 dan mempertahankan status zona hijau Konawe Utara dari Covid-19,” terangnya. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini