9 Warga Baubau Tertular Covid-19 dari Keluarganya

Juru Bicara Gugus Tugas Kota Baubau, dr Lukman
dr Lukman

ZONASULTRA.COM,BAUBAU– Sembilan orang warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tertular dari keluarganya, Rabu (15/7/2020). Mereka diklasifikasikan dalam kluster family.

“Hari ini kita mendapat tambahan pasien sebanyak 9 orang berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium PCR di Bahteramas,” kata Juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman, saat jumpa pers.

Sembilan pasien tersebut yakni, pasien 067 MRR (13) laki-laki, pasien 068 WBH (75) perempuan, pasien 069 HSM (52) laki-laki, pasien 070 SYS (33) laki-laki, pasien 071 WAA (51) perempuan, pasien 072 HYJ (18) perempuan, pasien 073 WDN (43) perempuan, pasien 074 AJF (20) perempuan, dan pasien 075 SRT (56) perempuan.

Menurut Lukman, kesembilan pasien tersebut sebelumnya menjalani swab test setelah diketahui berkontak fisik dengan keluarganya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kata Lukman, hal ini terjadi karena kelalaian dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan keluarga.

Sembilan orang warga ini rencananya bakal dirawat di rumah sehat terpusat. Untuk menjaga penularan semakin bertambah.

Lukman juga menegaskan kenaikan penderita Covid-19 di Kota Baubau harusnya menjadi tolak ukur warga dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Sedianya warga diminta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk terusterang dengan riwayat perjalanannya. Tidak memalsukan, atau menutup-nutupi sehingga dapat segera dilakukan penindakan medis,” kata Lukman.

Untuk diketahui, dengan adanya penambahan enam orang hari ini, total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Baubau mencapai 73 orang, satu orang telah meninggal dunia dan 17 orang dinyatakan sembuh. Gugus Tugas Covid-19 di Kota Baubau juga mencatat terdapat OTG 107 orang, ODP 40 orang, dan PDP 9 orang. (a)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini