Pemprov Sultra dan Kemenaker Sepakat Bangun BLK Internasional

Pemprov Sultra dan Kemenaker Sepakat Bangun BLK Internasional
Kunjungan - Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas), Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Budi Hertawan melakukan kunjungan di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Ali Mazi, Kamis (21/1/2021). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI sepakat membangun Balai Latihan Kerja (BLK) bertaraf internasional di Kendari.

Hal tersebut disepakati saat Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas), Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Budi Hertawan melakukan kunjungan di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Ali Mazi, Kamis (21/1/2021).

Kunjungan Dirjen Binalattas, Budi Hartawan ini, didampingi Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu bersama Kepala Balai Peningkatan Produktivitas Kendari, Andi Asriani Koka. Pertemuan tersebut menjadi agenda utama dari Dirjen Binalattas, setelah melakukan pembekalan di BLK Kendari di hari yang sama.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan kesepakatan ini dihasilkan dengan menjadikan BLK Kendari sebagai pilot project. Pembangunan BLK Internasional ini menjadi komitmen penting kedua belah pihak.

BACA JUGA :  Kasad Jenderal TNI Mulyono Resmikan Gedung Baru Korem 143/HO

Olehnya itu, Gubernur Sultra menawarkan gagasan untuk memberikan hak pinjam pakai lahan Dinas Sosial Provinsi Sultra agar digunakan untuk pembangunan dan perluasan kantor BLK Kendari.

“Perluasan bangunan menjadi entry point dalam persyaratan BLK Internasional,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam proses pinjam pakai nantinya, setelah melalui evaluasi paripurna dan dirasa cukup signifikan kehadiran BLK Kendari, maka akan dilakukan proses hibah atas tanah tersebut.

Tak hanya itu, pemerintah akan berupaya menciptakan tenaga kerja lokal yang mandiri dan profesional, tenaga kerja asing yang taat asas, serta menciptakan output sekolah kejuruan yang terhubung dan cocok dengan dunia dan pasar kerja, baik di lokal maupun nasional. Selain itu, pemerintah juga akan mengemas konsep destinasi wisata yang terintegrasi dengan pengembangan UMKM berbasis tenaga kerja lokal yang dapat membantu pembangunan wisata Sultra dan mampu menarik wisatawan mancanegara.

BACA JUGA :  DPRD Sultra Dukung Pencabutan IUP di Wawonii

Ali Mazi menambahkan nantinya akan ada pertemuan lanjutan dengan Menteri Tenaga Kerja RI. Hal tersebut dalam rangka pembahasan lanjutan dan kerja sama pembangunan BLK Internasional di Kendari.

Hal lainnya yang akan dikerjasamakan adalah pembukaan sekolah kejuruan berbasis dunia usaha, pertambangan, dan wisata, serta bimbingan teknis dan masa orientasi bagi tenaga kerja lokal dan tenaga kerja asing.

“Dengan begitu dapat meningkatkan profesionalisme tenaga kerja lokal dan pemahaman nilai-nilai kearifan lokal di Sultra oleh tenaga kerja asing,” pungkasnya. (B)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini