ZONASULTRA.COM,KENDARI – Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe dan Konawe Selatan (Konsel) memberikan pelatihan dan peningkatan kapsitas bagi seluruh pegawainya melalui kegiatan Capacity Building, Jumat (2/4/2021) di Kendari.
Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe Ahmat mengatakan, peningkatan kapasitas bagi pegawai merupakan hal penting untuk menjaga ritme kerja dan meningkatan kualitas Sumber Daya Manusa (SDM) di tengah tuntutan persaingan bisnis bank yang semakin tunggi.
Menurutnya pelatihan tersebut untuk memberikan energi baru bagi seluruh pegawai BPR Bahteramas Konawe dan Konsel agar tidak terlena pada zona nyaman saat bekerja.
“Kalau terlalu lama di zona nyaman itu tidak akan ada perubahan lebih baik. Dan akan begitu-begitu saja. Jadi saya ingatkan bagi teman-teman semua untuk tidak hanya puas pada jabatan dan posisi itu saja,” ungkap Ahmat saat memberikan sambutan.
Mereka (pegawai) harus selalu siap ketika dimutasi ke posisi mana saja dan harus mampu memberikan dedikasi yang baik dalam bekerja. Apalagi bank merupakan bisnis kepercayaan dengan berlandaskan kehandalan pelayanan di masyarakat.
Selain itu, kapasitas yang baik dimiliki oleh pegawai juga kata Ketua Perbarindo Sultra itu, dapat menjadi cerminan image pegawai bank di kalangan masyarakat. Bahwa pegawai bank adalah sosok yang pintar, cerdas dan memiliki wawasan yang luas.
Ahmat menambahkan pelatihan perihal peningkatan kapasitas pegawai mengenai tata kelola pemerintahan penting, karena perusahaan BPR merupakan bagian dari instrumen Pemda.
Apalagi, induk dari BPR ini adalah Pemda sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 17 tahun 2017 tentang BPR. Salah satu poinnya adalah seluruh direksi dan karyawan harus memahami pengelolaan pemerintah daerah.
“Ini juga karena BPR garda terdepan dari pemerintah dalam hal pelayanan masyarakat di bidang keuangan,” tukasnya.
Belum lagi ini ASN adalah mitra strategis dari keberlangsungan BPR Bahteramas ke depannya.
Sementara itu, Dirut BPR Bahtermas Konsel Muhammad Fathur menjelaskan, pegawai yang baik adalah pegawai yang memahami fungsi dan tugas dalam sebuah perusahaan. Bahwa, pelatihan ini akan memberikan ilmu dan pengetahuan bagi seluruh pegawai bank dalam menjalankan tugasnya di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih.
Dalam pelatihan ini BPR Bahteramas Konawe dan Konsel menghadirkan Kasubid Mutasi Provinsi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sultra La Ode Hasimu.
La Ode Hasimu membawakan materi tentang pengenalan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terkait organisasi dan SDM dalam pemerintah daerah. Hal itu dianggap penting untuk diketahui pegawai BPR Bahteramas karena BPR Bahteramas merupakan perusahaan milik daerah yang jalur koordinasinya selalu berhubungan dengan pemerintahan.
“Sebagai contoh kalau BPR Bahtermas itu jalur koordinasi induknya kemana ya pastinya ke asisten II, kalau di sana mentok larinya ke Biro Ekonomi atau ke salah satu bagian yang mengurus tentang badan usaha milik daerah. Nah itu harus dipahami oleh pegawai BPR Bahteramas,” ujarnya kepada zonasultra.
Selanjutnya, diketahui bahwa saat ini nasabah BPR Bahteramas merupakan PNS. Apabila dikemudian hari ada kendala yang ditemui maka pegawai BPR Bahtermas sudah mengetahui jalur kooridansinya. Soal PNS otomatis berurusan langsung dengan BKD.
Dengan pelatihan ini, pegawai BPR Bahteramas Konawe dan Konsel diharapkan dpaat mengetahui jalur koordinasi di 4 SKPD yakni Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) perihal keuangan, BKD perihal PNS, Inspektorat perihal pengawasan dan Bappeda perihal rencana visi misi pemerintahan yang sedang berjalan.
Ketua Panitia Saiful menyebutkan, peserta dalam kegiatan ini berjumlah kurang lebih 40 orang dari BPR Bahteramas Konawe dan Konsel.
Untuk diketahui kegiatan ini juga dirangkaian dengan purna tugas masa jabatan dewan pengawas BPR Bahteramas Konawe Ferdinand yang sudah menjabat selama dua periode dari 2016 hingga 2021. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dirut Operasional BPR Bahteramas Konawe Syahrir.
Penulis: M14
Editor: Ilham Surahmin