Uji Coba Lintas KMP Darma Kencana I dari Bombana ke Mubar Sukses

Uji Coba Lintas KMP Darma Kencana I dari Bombana ke Mubar Sukses
Uji coba lintas, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Darma Kencana I dari pelabuhan feri Kasipute, Bombana tida dan sandar di pelabuhan penyeberangan Fery Tondasi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Rabu (7/4/2021) sekitar pukul 11.00 wita. (Kasman/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Uji coba lintas, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Darma Kencana I dari pelabuhan feri Kasipute, Bombana ke Pelabuhan Penyeberangan Fery Tondasi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Rabu (7/4/2021) sekitar pukul 11.00 wita berjalan sukses.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mubar, La Ode Hanafi, melalui Kabid Angkutan dan Sarana, La Ode Mustafa mengatakan, pelayaran yang dilakukan KPM Darma Kencana I ini merupakan uji coba lintas.

“Alhamdulillah, KMP Darma Kencana I hari melakukan uji coba lintas dari pelabuhan feri Kasipute menuju Tondasi. Perjalanan untuk sampai di pelabuhan Tondasi ini ditempuh kurang lebih dua jam,” kata La Ode Mustafa.

BACA JUGA :  Pemkab Mubar Target Vaksinasi Dosis Kedua Segera Capai 70 Persen

Mustafa menjelaskan KMP Darma Kencana I ini sementara masih dalam uji coba, dikarenakan masih menunggu ijin operasional dari Gubernur Sultra. Kapal ini nantinya akan berlayar dua kali dalam seminggu.

“Jadi kita masih menunggu izinn operasionalnya saja, kemungkinan Minggu ini keluar. Kapal ini beroperasi dua kali dalam seminggu dan setiap sandar di pelabuhan Tondasi, kapal ini akan bermalam di sini,” bebernya.

Uji Coba Lintas KMP Darma Kencana I dari Bombana ke Mubar Sukses

KMP Darma Kencana I selain melayani rute Tondasi – Kasipute, juga melayani rute Kasipute – Tanjung Fising. Sedangkan untuk kapasitas muatannya, kapal ini bisa mengangkut kendaraan campuran seperti truk ekspedisi dan kendaraan golongan III sampai 20 unit. Untuk kendaraan roda dua menyesuaikan.

BACA JUGA :  54 Pegawai Kontrak Pemerintah Mubar Dilantik

“Untuk kapasitas penumpang ini bisa menampung sekitar 180 orang. Dengan disiapkan fasilitas lengkap dari kapal tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapten KMP Darma Kencana I, Yayan Heriyanto mengungkapkan uji coba lintas yang dilakukan hari ini dari pelabuhan Kasipute ke pelabuhan Tondasi berjalan lancar. Lanjut dia, dirinya melihat selama berlayar tidak ada masalah dan tiba di pelabuhan Tondasi dengan lancar. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini