BI Sultra Pastikan Uang di Mesin ATM Cukup Jelang Puasa dan Lebaran

BI Sultra Pastikan Uang di Mesin ATM Cukup Jelang Puasa dan Lebaran
Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) saat menggelar acara Bincang Bareng Media membahas perkembangan ekonomi dan isu terkini di Sultra bertempat di Cafe Bakau Kendari pada Jumat (9/4/2021). (ISMU/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau perbankan untuk memastikan ketersediaan uang yang ada di mesin-mesin ATM jelang ramadan dan idul fitri.

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala KPw BI Sultra, Bimo Epyanto dalam kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) di Cafe Bakau Kendari, Jumat (9/4/2021) sore.

Di masa pandemi covid-19 ini, BI banyak bekerja sama dengan perbankan baik umum maupun BPR agar lebih aktif dalam melayani penukaran uang kecil. Tidak hanya kepada nasabahnya tetapi juga kepada masyarakat luar pada umumnya.

BACA JUGA :  BI Sultra: Hadirnya Uang Digital Bukan Pengganti Uang Rupiah

“Jangan sampai pada saat menjelang ramadan ada masyarakat yang kesulitan memperoleh uang pecahan kecil,” ujar Bimo.

Sebelumnya, BI Sultra memperkirakan kebutuhan uang masyarakat di bulan ramadhan dan idul fitri 2021 sekitar Rp1,6 Triliun. Jumlah ini turun dari tahun 2020 kemarin yang jumlahnya Rp2,1 triliun. Dan karena pandemi, realisasinya hanya sekitar Rp1,5 triliun.

BI Sultra pun berkomitmen untuk tetap menyediakan uang kartal itu dalam jumlah yang cukup, baik secara keseluruhan totalnya maupun nominalnya, apakah itu pecahan 10 ribu, 5 ribu, 20 ribu dan 100 ribu akan diupayakan tetap cukup dan dalam kondisi yang layak.

BACA JUGA :  Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah, Road To Fesyar Segera Dihelat

“Kami hanya menyalurkannya melalui perbankan, kami tidak melakukan kas keliling lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk membuat penukaran uang kecil itu bisa dilakukan di semua bank,” ujar Bimo saat ditemui di kantor BI Sultra. (b)

 


Penulis : M11
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini