Jelang Lebaran, Pemdes Unggulino Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Pemdes Tetewatu Aktif Lakukan Upaya Pencegahan Covid-19
Pemerintah Desa unggulino, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe Melakukan Penyemprotan Disinfektan Pada Sabtu (8/5/2021). (M13/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pemerintah Desa (Pemdes) Unggulino, Kecamatan Puriala, Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus melakukan upaya pencegahan penyebaran wabah virus Covid-19 jelang lebaran Idulfitri 2021. Mereka rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum.

Kepala Desa Unggulino, Kobus menjelaskan, selain fasilitas umum, pihaknya juga melakukan penyemprotan di rumah-rumah warga. “Dalam melaksanakan kegiatan ini kami tidak hanya menyemprot saja, tetapi kami bersama-sama dengan relawan Covid-19 Desa Unggulino rutin mensosialisasikan pola hidup sehat dan juga anjuran melaksanakan protokol kesehatan kepada warga,” kata Kobus usai melakukan penyemprotan, Sabtu (8/5/2021).

BACA JUGA :  Minim Anggaran, Askab PSSI Konawe Target Pertahankan Juara

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Konawe, Desa Unggulino masuk dalam kategori zona aman, sebab di wilayah itu belum pernah dilaporkan adanya temuan kasus terjangkit Covid-19. Meski begitu pemerintah desa tidak ingin kecolongan, sehingga sterilisasi wilayah terus dilakukan demi memastikan desanya aman dari virus.

Kobus menyebut, seluruh beban biaya dalam kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Unggulino. Hal ini berdasarkan surat edaran Kementerian Desa tentang keterliatan pemerintah desa dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kegiatan ini sudah yang kedua kalinya kami laksanakan. Kami dibantu teman-teman relawan, kemudian ada pendamping lokal desa, babinsa, dan aparat desa. Total personel yang kami kerahkan dalam setiap kegiatan penyemprotan itu ada 23 orang,” ujarnya.

Kobus berharap agar masyarakatnya dapat patuh dengan aturan pemerintah dalam upaya memutus penyebaran virus, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal seperti sedia kala. Tidak hanya menjaga diri dari virus, ia juga meminta masyarakat untuk memperhatikan lingkungan mereka agar tetap asri demi kesehatan bersama. (B)

 


Penulis: M13
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini