Gubernur Sebut Tingkat Kemiskinan di Sultra 3 Tahun Terakhir Menurun

Gubernur Sebut Tingkat Kemiskinan di Sultra 3 Tahun Terakhir Menurun
Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi memaparkan perkembangan ekonomi di Sultra selama 3 tahun kepemimpinannya bersama wakilnya Lukman Abunawas. Hal itu disampaikannya dalam ekspose tahun kepemimpinannya di Kendari pada Senin (6/9/2021). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengatakan bahwa tingkat kemiskinan di Sultra selama tiga tahun terakhir mengalami penurunan.

“Sejak kami dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, angka kemiskinan telah berhasil diturunkan dari 11,32 persen pada 2018 menjadi 11 persen pada Maret tahun 2020,” ucap Gubernur di Kendari, Senin (6/9/2021).

Kata dia, dampak pandemi Covid-19 terhadap tingkat presentase kemiskinan di Sultra kembali meningkat, mengakibatkan pada September 2020 mencapai 11,69 persen.

BACA JUGA :  15.000 Warga Sultra Terima Sertifikat Tanah

Kondisi ini terjadi salah satunya disebabkan oleh banyaknya penduduk yang kehilangan pekerjaan serta rentan miskin sehingga tidak dapat bertahan akibat ketidakmampuannya memenuhi kebutuhan dasar.

Namun kembali mengalami penurunan pada Maret 2021 yang mencapai 11,66 persen atau mencapai 318.700 orang, seiring dengan pemulihan ekonomi di berbagai sektor.

BACA JUGA :  Pertengahan Januari, Raperda Pembentukan Kecamatan Nambo Diserahkan ke Mendagri

Sementara itu jika dilihat dari gini ratio Sultra per Maret 2021 sebesar 0,39 (nilai koefisien). Diharapkan capaian tersebut akan terus mengalami penurunan. Sehingga target di akhir periode 2021 mampu dicapai sebesar 0,38 nilai koefisien. (b)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini