ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ombudsman Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meningkatkan pelayanan dengan membangun jejaring sosial di tengah pandemi Covid-19.
Kepala Ombudsman Sultra, Mastri Susilo mengatakan bahwa hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui tentang tugas ombudsman sehingga nantinya tau akan melapor kepada siapa. Ombudsman sedang membangun jejaring sosial untuk membagi informasi pada empat media sosial (medsos) yaitu Facebook, Youtube, Instagram, dan Twitter.
“Kami juga mengikutsertakan masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik melalui medsos,” ucapnya usai menggelar Forum Group Discussion (FGD) di Kendari pada Senin (25/10/2021).
Mastri mengatakan bahwa dalam mengelola jejaring sosial ini tentunya tidak bisa dibebani semuanya kepada Ombudsman sehingga pentingnya kolaborasi antar pihak. Semua pihak harus mengetahui atau sadar akan pentingnya pengawasan tersebut.
Selanjutnya, dalam FGD yang diselenggarakan, Masri merasa sangat terbantu dengan masukkan peserta yang hadir, di antaranya terkait hal-hal yang bisa menarik minat penonton agar mudah memahami isi video.
Ia menuturkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah agar masyarakat bisa melakukan pengawasan publik melalui media sosial yang kemudian apabila terdapat keluhan terhadap layanan pemerintah bisa melaporkan langsung atau secara tidak langsung kepada Ombudsman. (B)
Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma