Ini Cara BRI Dorong Transaksi Merchant Industri Kreatif Semakin Tumbuh

Direktur Konsumer BRI Handayani
Handayani

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus mendorong pertumbuhan transaksi merchant Industri kreatif meski dalam situasi sulit sejak pandemi Covid-19 masuk pada awal 2020 lalu.

Pasalnya industri kreatif dinilai menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data jumlah transaksi mitra merchant di BRI yang sebagian merupakan pelaku industri kreatif, telah terjadi peningkatan sebesar 25 persen secara year on year pada bulan September 2020 hingga 2021.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan bahwa BRI menargetkan jumlah transaksi mitra merchant pada tahun 2022 mendatang untuk tumbuh dua kali dari pencapaian sebelumnya. Pertumbuhan ini akan memberikan daya dukung terhadap pertumbuhan bisnis ritel BRI ke depan.

Kata dia, BRI merasa perlu menggarap potensi yang ada dari industri kreatif di Indonesia. Dengan hadirnya BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia untuk mendukung pertumbuhan kinerja pelaku Industri Kreatif. BRI telah melakukan berbagai macam kegiatan dalam rangka mendukung industri kreatif di Indonesia seperti program Bangga Buatan Indonesia dan Nusantara Fashion Festival (NUFF), Lokal Keren Jatim, dan Brilianpreneur.

BACA JUGA :  Jelang 126 Tahun, BRI Bantu Pengelolaan Sampah dan Edukasi Linkungan Bersih

“Event-event tersebut merupakan kolaborasi dengan mitra merchant untuk membantu memasarkan dan mengembangkan bisnis pelaku industri kreatif, dan banyak hal lainnya yang merupakan bentuk dukungan BRI terhadap pelaku industri kreatif di Indonesia,” ungkap handayani melalui keterangan tertulisnya, Kamis (4/10/2021)

Selain itu, BRI juga mendukung para mitra merchant kami untuk Go Digital dan berkomitmen penuh untuk terus mendukung program pemerintah melalui Transformasi Digital Merchant Binaan BRI dalam program “BRI Shop Master Class”.

“Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi mitra merchant yang berpartisipasi, seperti mendapatkan materi edukasi, fasilitas coaching, serta free on-boarding dan monitoring pada platform digital,” ujarnya

BRI juga berkolaborasi dengan Sarinah untuk ikut serta mendukung event Jakarta Content Week (Jaktent) yang diharapkan dapat membangkitkan gairah masyarakat Indonesia khususnya dunia kreatif Indonesia. Jaktent akan menjadi wadah untuk melakukan business matching bagi pelaku industri kreatif dan juga mitra merchant BRI yang menghasilkan transaksi, interaksi dengan pasar internasional.

Oleh sebab itu, ia berharap agar kolaborasi BRI dengan Sarinah dalam event Jaktent ini dapat memberikan nilai tambah pada seluruh mitra merchant dan pelaku usaha untuk mendapatkan wawasan baru dan dapat membantu mereka untuk mengembangkan bisnisnya terutama dalam industri kreatif, sehingga mereka tidak hanya menjual barangnya di level nasional namun juga dapat mengembangkan pasarnya hingga ke internasional. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini