MTQ Korpri Tingkat Nasional di Sultra Resmi Dimulai

MTQ Korpri Tingkat Nasional di Sultra Resmi Dimulai
MTQ Korpri - Pemukulan gendang sebagai simbol dibukanya kegiatan MTQ Korpri tingkat nasional di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Minggu (14/11/2021) malam.(ISMU/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat nasional yang diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama (Kemenag) RI, Zainut Tauhid Sa’adi di pelataran tugu MTQ Kendari pada Minggu (14/11/2021).

Dalam sambutannya, Zainut mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ di Sultra ini sangat bermakna. Pasalnya kata dia, Sultra merupakan salah satu dari wilayah yang menjadi tempat berkembangnya Islam di Indonesia.

Kata dia, di Sultra lahir Kesultanan Buton yang kokoh dan telah banyak berperan dalam menjembatani masyarakat Buton untuk bersosialisasi ke dunia internasional. Sebelum membuka kegiatan, Zainut mengatakan bahwa sangat tepat MTQ digelar di Sultra karena selain indah alamnya juga rukun masyarakatnya.

BACA JUGA :  IUP di Sultra yang Tidak Aktif Segera Dicabut

“Pada akhirnya, dengan ucapan alhamdulillah, MTQ Korpri tingkat nasional dibuka dengan resmi,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan bahwa dalam kegiatan ini turut berpartisipasi 816 orang, dengan 71 kafilah dari 24 Provinsi dan 34 kementerian yang betanding pada 9 cabang lomba dengan 26 kategori. Hal ini mengalami peningkatan jumlah yang signifikan dari pergelaran tahun-tahun sebelumnya dan menjadi sejarah MTQ Korpri nasional dengan jumlah peserta terbanyak.

“Sebagai tuan rumah, Sultra bertekad menyukseskan kegiatan ini, namun kami menyadari bahwa kegiatan ini tidak akan terselenggara tanpa kerja sama dari berbagai pihak,” tutur Ali Mazi dalam sambutannya.

Terlihat acara pembukaan MTQ Korpri tingkat nasional ini dimeriahkan dengan devile dari masing-masing perwakilan kementerian dan provinsi yang ikut berpartisipasi. Selain itu, juga ada tarian dari 2.000 siswa yang mempertontonkan tarian dengan cerita Kesultanan Buton dan lagu-lagu oleh penyanyi religi, Opick. (B)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini