Kementerian PUPR Pastikan Wakatobi Kebagian Program BSPS Tahun Depan

Kementerian PUPR Pastikan Wakatobi Kebagian Program BSPS Tahun Depan
FOTO BERSAMA-Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Wakatobi dan Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan (Dirjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) K. M. Arsyad beserta jajaran saat berfoto bersama baru-baru ini.

ZONASULTRA.COM, WANGIWANGI- Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan kebagian Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk tahun 2022.

Meski tidak secara gamblang menyebutkan berapa kuotanya BSPS untuk Wakatobi di tahun 2022, namun Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan (Dirjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) K. M. Arsyad memastikan jika Wakatobi akan kebagian.

“Tapi yang pasti di Wakatobi ini ada, kita melihat kondisi rumah-rumah masyarakat,” katanya saat ditemui baru-baru ini usai meninjau sekaligus meresmikan bantuan pengembangan sarana hunian pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Desa Waha, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi baru-baru ini.

BACA JUGA :  Haliana Klaim Ekonomi Wakatobi Mulai Membaik

Apalagi program pemerintah yang baru, kata dia, adalah pengentasan kemiskinan ekstrim. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Wakatobi Aswiadi mengatakan pihaknya terus mengupdate database Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), memperbaiki database di IRTLH yang menjadi basis data Kemen PUPR dalam menentukan kuota BSPS.

Ia menyebutkan jika masih sekira 4.800 lebih rumah di Wakatobi yang harus diintervensi BSPS di 8 Kecamatan. Menurutnya database RTLH sudah ada tinggal diintervensi. Intervensi itu akan ditempuh melalui berbagai macam sumber pendanaan.

BACA JUGA :  BI Bersama TNI AL Keliling Edarkan Uang Rupiah Baru di Wakatobi

Seluruh potensi anggaran untuk menyelesaikan RTLH tersebut akan ditempuh, baik itu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan APBD Kabupaten.

“Kita coba maksimalkan, pak direktur kemarin sudah menyampaikan bahwa untuk di Wakatobi pasti ada, sisa jumlahnya. Jumlahnya inilah yang akan kita upayakan bagaimana caranya supaya bisa kita mendapatkan kuota yang memuaskan, walaupun kuotanya pasti terbatas,” jelasnya saat ditemui di Wangiwangi, Jumat (19/11/2021). (B)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini