Prodi Kesmas UMW Gelar Kuliah Tamu untuk Pecahkan Isu Kesehatan Global

Prodi Kesmas UMW Gelar Kuliah Tamu untuk Pecahkan Isu Kesehatan Global
Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kuliah tamu mata kuliah international public health issues melalui zoom meeting, Sabtu (20/11/2021). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kuliah tamu mata kuliah international public health issues melalui zoom meeting, Sabtu (20/11/2021).

Tema kuliah tamu yang diangkat yakni menakar aspek kesehatan masyarakat pasca pandemi Covid-19. Ketua Prodi Kesmas Rahmawati menjelaskan international public health issues adalah salah satu mata kuliah umum semester VII yang membahas mengenai isu-isu kesehatan internasional terkini.

Terutama terkait dan potret kesehatan penduduk di wilayah yang paling luas di dunia, ringkasan isu kesehatan penyakit infeksi, pengendalian tembakau dan kesehatan lingkungan.

“Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang mata kuliah yang sedang dipelajari oleh mahasiswa adalah dengan melakukan kuliah umum atau tamu ini,” ungkapnya melalui keterangan pers yang diterima Zonasultra, Senin (22/11/2021).

Ia menyebutkan pihaknya mengundang pemateri seorang dosen senior University of Derby, Inggris Dono Widiatmoko. Kuliah tamu ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mencari cara yang paling baik untuk memecahkan isu dan masalah kesehatan global yang akan dihadapi pada masa yang akan datang.

Dalam materinya Dono menjelaskan perihal estimasi kondisi dunia pasca pandemi Covid-19 termasuk di Indonesia. Kemudian kondisi masyarakat dan terkait penerapan protokol kesehatan serta masalah kesehatan masyarakat yang berisiko terjadi pasca pandemi yang dihubungkan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan.

Untuk diketahui peserta kuliah tamu ini sebanyak 87 orang mahasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman mereka terkait mata kuliah tersebut. (B)


Penulis: M14
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini