ZONASULTRA.COM, KENDARI – Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui anak usahanya, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) resmi meluncurkan Iconnet, layanan fixed broadband internet pada Juni 2021. Meskipun demikian, layanan tersebut baru masuk di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kisaran tiga bulan lalu dan baru beroperasi di wilayah Kota Kendari.
Manager ICON+ Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Sultra, Fargun Gumilar mengatakan, hingga akhir 2021, layanan Iconnet tersebut akan difokuskan di Kota Kendari. Tahun depan akan dilanjutkan untuk dibuka ke beberapa wilayah yang ada di Sultra.
“Target kami itu pada 2022 seluruh wilayah Kota Kendari tercover layanan Iconnet,” ujar Fargun saat ditemui di kantor PLN Kendari, Rabu (15/12/2021).
Ia juga menegaskan hadirnya Iconnet di Sultra bukan untuk berkompetisi, tetapi sebagai salah satu pilihan bagi masyarakat. Pasalnya, semakin banyak pilihan semakin menghadirkan kualitas yang bagus untuk masyarakat.
Kata Fargun, saat ini sudah ada 200 pelanggan di Kecamatan Baruga, Kendari yang menikmati layanan Iconnet.
Saat ini pembangunan jaringan terus digenjot. Wilayah yang jaringannya siap dijual berada di Baruga dan sekitarnya, serta tengah dilakukan pemasangan kabel optik untuk jaringan di bagian perumahan dosen (perdos) kampus baru Universitas Halu Oleo (UHO).
Pada kesempatan tersebut, Fargun menjelaskan keunggulan Iconnet. Dari segi harga cukup rendah yaitu harga promo hingga akhir Desember 2021 sebesar Rp150 ribu per bulan untuk 10 Mbps hingga Rp679 ribu untuk 100 Mbps dan tidak dikenakan biaya instalasi.
Keunggulan Iconnet lainnya yakni reliable, yaitu memiliki kecepatan internet yang tinggi dan stabil karena menggunakan jaringan fiber. Selanjutnya, affordable yaitu koneksi Iconnet sangat stabil karena menggunakan jaringan fiber optic tercanggih dan unlimited. Saat ini Iconnet mempunyai coverage area yang paling luas jangkauannya dan tidak ada batas pakai.
“Tidak ada batasan, jadi sepuas dan sesuka hati untuk digunakan tinggal bayar tiap bulannya saja,” tambah Fargun.
Ia juga menambahkan, asal ada tiang listrik di suatu wilayah maka jaringan Iconnet bisa dijangkau.
Untuk melakukan pendaftaran, masyarakat yang ingin langganan Iconnet bisa melalui PLN Mobile Apps atau dengan mengunjungi laman www.iconnet.co.id. Setelah mengakses laman tersebut, selanjutnya adalah memilih paket yang akan dipilih dan nantinya pelanggan akan diarahkan ke menu “Pilih Layanan”.
Dalam menu tersebut terdapat pilihan “pasang baru”, “ubah layanan” serta “upgrade promo”. Jika Anda merupakan calon pelanggan baru maka pilihlah menu “pasang baru” dan nantinya Anda akan diminta mengisi formular pendaftaran yang berisi:
alamat email, nama, nomor ID pelanggan PLN, nomor handphone, nomor KTP, coverage area, provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, alamat tempat pemasangan internet, keterangan akses FTTH tempat tinggal, dan pilih paket internet.
Pada masa pandemi ini, kata Fargun, pihaknya akan menggunakan sistem jemput bola dengan tim penjualan Risky Prasetya yang bisa dihubungi di kontak 0811402890 atau bisa langsung ke KPw ICON+ Kendari Jalan Dr. Sam Ratulangi nomor 115. Juga bisa melalui Instagram @iconnet.iconplus dan @iconnet.makassar dan akan lebih sederhana lagi jika telah hadir di aplikasi PLN mobile.
Ia berharap Iconnet bisa menjadi salah satu pilihan yang ideal bagi masyarakat Kota Kendari khususnya, dan Sultra pada umumnya serta bisa konsisten menghadirkan layanan yang bagus bagi masyarakat sehingga bisa mencapai target 50 ribu pelanggan pada 2022. (b)
Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati