Lantik 21 Anggota Panwas, Ketua Bawaslu Kenang Sejarah Nenek Moyang

71
PELANTIKAN PANWAS – Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra) Hamiruddin Udu melantik langsung Panitia pengawas (Panwas) 7 daerah pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2017 dilantik di Kantor Bawaslu Sultra, Kamis (2/6/2016). Total ada 21 anggota Panwas dilantik, masing-masing daerah diisi oleh 3 anggota Panwas. (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Panitia pengawas (Panwas) 7 daerah pemilihan kepala daerah (Pilkada)  Sulawesi Tenggara (Sultra) 2017 dilantik di Kantor Bawaslu Sultra, Kamis (2/6/2016). Total ada 21 anggota Panwas dilantik langsung oleh Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu.

Tujuh daerah itu yakni Kendari, Kolaka Utara, Bombana, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Muna Barat. Masing-masing daerah diisi oleh 3 anggota Panwas.

Hamiruddin Udu mengatakan 7 daerah tersebut telah siap melaksanakan pilkada, mulai dari tersedianya fasilitas maupun penyelenggara. Panwas bersama KPU diharapkan memberi teladan dalam mengawal proses pergantian kepala daerah yang demokratis.

Jauh dimasa lalu, kerajaan atau kesultanan di jazirah Sultra sudah menunjukkan sistem yang demokratis dalam menentukan seorang pemimpin. Olehnya kata Hamiruddin, penyelenggara pemilu di masa sekarang perlu lebih baik dari para pendahulunya dalam menerapkan demokrasi.

“Semua itu diceritakan dalam naskah-naskah kesultanan Buton. Dahulu sistem demokrasi nenek moyang kita sudah cukup mapan,” kata Hamiruddin dalam sambutannya.

Berdasarkan pemilu di Sultra yang lalu-lalu, hasil evaluasinya masih menunjukkan beberapa kekurangan. Diantaranya yang perlu ditingkatkan adalah partisipasi masyarakat.

Dengan demikian, koordinasi antara sesama penyelenggara yakni KPU dan Panwas perlu ditingkatkan lagi. Lanjut Hamiruddin, kedua lembaga itu perlu bekerja secara lebih profesional dan menghindari kelakuan-kelakuan yang melanggar kode etik. (B)

Berikut nama-nama anggota Panwas yang baru saja dilantik:

Kendari

Alasman Mpesau
Joko Purnomo
Sahinuddin

Buton

Darwin
La Saluru
Mansur Maora

Bombana

Asrudin
Hasdin Nompo
Darma

Kolaka Utara

Ahyar
Ajmal Arif
Misbahuddin

Buton Tengah

Helius Udaya
Muh. Anine Biru
Safiuddin

Muna Barat

Aminuddin
Arifin
WD. Muniati Rigato

Buton Selatan

Jumadi
Husni
Nur Arismiati Womal

 

Penulis : Muhamad Taslim Dalma
Editor  : Rustam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini