BPBD Ingatkan Titik Rawan Bencana di Kota Kendari

ilustrasi-bencana-alam-sultra
Ilustrasi

ZONASULTRA.ID, KENDARI– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari mengingatkan kepada masyarakat terkait beberapa tempat yang menjadi titik rawan terjadinya bencana.

Bencana alam yang kerap terjadi biasanya seperti banjir, gempa, kebakaran, pohon tumbang dan tanah longsor. Sejumlah titik yang dianggap rentan terjadi bencana misalnya, di sekitar aliran Sungai Wanggu. Di tempat ini jika turun hujan dalam waktu tertentu bisa menyebabkan banjir.

“Tapi selama ada kolam retensi, potensi banjir menjadi berkurang. Kalaupun terjadi, banjirnya tidak tinggi,” kata kepala BPBD Kota Kendari, Paminudin saat dimintai keterangan, Rabu (13/7/2022).

BACA JUGA :  Jelang Ramadan, Harga Ikan dan Daging Ayam di Kendari Mulai Naik

Paminudin juga menyebut beberapa wilayah di Kota Kendari rawan terjadi tanah longsor. Katanya, dua wilayah yang paling rawan yakni Kecamatan Kendari dan Kendari Barat.

Belum lama ini, rumah warga di kedua wilayah tersebut tertimpa tanah longsor. Langkah yang dilakukan dalam mengantisipasi jatuhnya korban jiwa saat bencana kembali terjadi dengan mengimbau masyarakat agar ketika cuaca buruk untuk tidak berada di tempat yang dinilai berbahaya.

BACA JUGA :  Dinkes Himbau Warga Waspadai Penyakit Menular di Musim Pancaroba

“Hal itu disampaikan melalui pemerintah setempat agar menyampaikan ke warga agar berhati-hati terutama masyarakat yang tinggal di lereng bukit atau gunung,” ungkapnya.

BPBD Kota Kendari terus berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memantau kondisi cuaca. Instruksi dari lembaga ini menjadi acuan dalam melihat cuaca. (B)

 


Penulis: M9
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini