Dosen Prodi S1 Kesmas UMW Kendari Raih Gelar Doktor di IPB dengan IPK 3,83

Dosen Prodi S1 Kesmas UMW Kendari Raih Gelar Doktor di IPB dengan IPK 3,83
GELAR DOKTOR - Dosen Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, M. Mirwan berhasil menyelesaikan studi doktor (S3) program studi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan di Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam waktu 5 tahun dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,83 pada Salasa (9/8/2022). (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, M. Mirwan berhasil menyelesaikan studi doktor (S3) program studi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan di Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam waktu 5 tahun dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,83 pada Salasa (9/8/2022).

Mirwan berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Strategi Baru Apa yang Dapat Melakukan Pengendalian Pilariasi” di hadapan para tim penguji dalam sidang promosi doktor melalui zoom meeting.

Ia menjelaskan, melanjutkan pendidikan S3 pada 2017. Selain itu ia juga mengurus beasiswa untuk biaya pendidikan pascasarjana dalam negeri.

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan perkuliahan seperti biasa yakni menyusun karya ilmiah.

“Cukup panjang selama 5 tahun dan dalam proses perkulihan saya mendapatkan hambatan karena di masa pandemi Covid19, sehingga saya beberapa lama cukup fakum pada akhirnya bisa diselesaikan,” katanya melalui pesan komunikasi whattsap, pada Sabtu (20/8/2022).

Dosen Prodi S1 Kesmas UMW Kendari Raih Gelar Doktor di IPB dengan IPK 3,83

Mirwan merasa bersyukur telah diberikan satu nikmat yang sangat besar dengan menyandang gelar doktor dan untuk memperolehnya tidaklah mudah dan butuh kesabaran dalam menyelesaikannya.

Ke depannya ia akan mengkampanyekan ilmu yang didapat di tengah masyarakat, karena dosen UMW Kendari memiliki kewajiban untuk mengamalkannya pada masyarakat.

“Alhamdulilah sudah selesai, apalagi gelar yang kami peroleh adalah berasal dari perguruan tinggi ternama di indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA :  UKM Kolaborasi dengan HMPS S1 Kewirausahaan UMW Kendari Gelar Kuliah Tamu

Ia jug membagikan tips kepada dosen yang inggin melanjutkan S sebagai berikut;

1. Disarankan untuk mencari sponsor pendanaan beasiswa dari pihak yang bisa mendukung karena doktor bukan persoalan ilmu saja tapi butuh juga amunisi dalam bentuk songkongan pendanaan.

2. Jika sudah diterima oleh perguruan tinggi maka dosen tersebut harus melakukan proses perkuliahan dengan baik, sehingga semua aktivitas bisa berjalan lancar.

3. Harus buat perencanaan, kapan akan selesai, mulai penelitian, dan ujian. Bahkan dalam merencanakan pun terkadang masih ada hambatan.

4. Bersabar karena setiap proses perjalanaan pasti ada hambatan dan selalu bersemangat untuk pantang menyerah. (B)


Kontributor: Sutarman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini