Kadin Sultra Hibahkan Mesin Oksigen Generator untuk RSUD Kota Kendari

Kadin Sultra Hibahkan Mesin Oksigen Generator untuk RSUD Kota Kendari
PENYERAHAN - Wali Kota Kendari Sulkarnain dan Ketua Kadin Sultra Anton Timbang saat melakukan pengecekkan kontainer mesin oksigen generator yang dihibahkan Kadin Sultra ke RSUD Kota Kendari, Rabu (5/10/2022). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) menghibahkan satu unit kontainer mesin oksigen generator untuk RSUD Kota Kendari tipe B.

Penyerahan dilakukan secara langsung dari Ketua Kadin Sultra Anton Timbang ke Wali Kota Kendari Sulkarnain, Rabu (5/10/2022) di RSUD Kota Kendari.

Anton Timbang mengatakan, penyerahan bantuan ini sebagai komitmen Kadin Sultra untuk selalu berbuat membantu pemerintah kota Kendari dan umumya masyarakat Sultra.

Ia menyebutkan, kapasitas mesin itu bisa menghasilkan 48 tabung per hari. Setiap tabung berisikan 6 kubik. Kemudian setiap jam mesin ini bisa menghasilkan 15 kubik per jam dengan penggunaan daya listrik 43 kilo watt (Kwh).

BACA JUGA :  Pembangunan Kolam Retensi Sungai Wanggu Ditarget Rampung Desember 2020

“Ke depan insyaallah apa yang bisa dikerjasamakan akan kita upayakan. Intinya Kadin Sultra ingin selalu berbuat,” ungkap Anton Timbang usai acara penyerahan.

Sementara itu, Sulkarnain menyambut baik bantuan tersebut. Kata dia, dengan adanya mesin tersebut akan mengefisiensikan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk pengadaan tabung oksigen di rumah sakit.

Selain itu, ia mengakui mesin oksigen ini memiliki nilai yang besar yakni Rp2,5 miliar. Sehingga dengan adanya bantuan ini sangat membatu pemerintah kota dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Maksimalkan Perikanan Tangkap, DKP Kendari Perjuangkan Modal Usaha Nelayan

Direktur RSUD Kota Kendari Sukirman menjelaskan, saat ini kebutuahan tabung oksigen mencapai 40-45 tabung per hari. Dengan adanya mesin tersebut maka pihaknya tidak perlu membeli tabung dari luar.

Untuk diketahui, mesin seperti ini baru ada 7 unit di Indonesia dan salah satunya di Kota Kendari. Kadin Sultra pun memberikan garansi peralatan dan spare part mesin selama 2 tahun. (B)


Kontributor: Sutarman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini