Libur Semester, Mahasiswa yang Hendak Pulang Kampung Padati Kapal Sabuk Nusantara 44

Libur Semester, Mahasiswa yang Hendak Pulang Kampung Padati Kapal Sabuk Nusantara 44
Tol laut Kapal Sabuk Nusantara 44

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pelabuhan Bungkutoko Kendari dipadati mahasiswa yang tengah liburan semester untuk pulang kampung menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 44, Selasa (10/1/2023).

Istijaba (19) salah satu penumpang asal Pulau Binongko, Wakatobi, mengatakan, hari ini banyak sekali penumpang didominasi oleh mahasiswa yang pulang kampung, khususnya mahasiswa asal Kabupaten Wakatobi.

“Kapal Sabuk Nusantara ini merupakan program pemerintah tol laut, kami juga mahasiswa sangat terbantu dengan ongkos kapal yang begitu murah cuman Rp40 ribu dari Kendari menuju Binongko,” katanya.

BACA JUGA :  Warga Kendari Temukan Ular Telan Seekor Babi

Adapun rute kapal Sabuk Nusantara 44 ini berawal dari Kendari-Wanci-Tomia-Binongko- Batauga-Baubau-Liana Banggai-Talaga-Sikeli-Pomala-Bulukumba dan berbalik kembali dari Bulukumba-Pomala-Sikeli-Talaga-Liana Banggai-Baubau-Batauga-Binongko-Tomia-Wanci-Kendari dalam waktu 10 hari perjalanan di lautan.

Kata dia, kapal tol laut ini sangat membantu, terutama sewa kapal yang begitu murah dan langsung pada tujuan.

“Misalkan kalau kita mau ke Binongko tidak harus lewat Baubau lagi dengan sewa yang lebih murah dibandingkan kita lewat kapal lain, misalkan Kendari-Baubau, sampai di Baubau ganti kapal lagi Baubau-Binongko itu agak mahal,” bebernya.

BACA JUGA :  Pegawai Pemkot Kendari Diminta Salurkan Zakat Lewat Baznas

Ia berharap kapal tol laut ini selalu beroperasi walaupun bukan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, karena kapal ini sangat membantu masyarakat yang daerahnya dilalui rute kapal ini. (B)

 


Kontributor: C2
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini