Harga Bahan Pokok di Pasar Kendari Terpantau Turun

Harga Bahan Pokok di Pasar Kendari Terpantau Turun
Harga beberapa bahan pokok di pasar yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terpantau mengalami penurunan setelah merambat naik pada ramadan dan idulfitri 2023.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Harga beberapa bahan pokok di pasar yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terpantau mengalami penurunan setelah merambat naik pada Ramadan dan Idulfitri 2023.

Salah satu pedagang beras di Pasar Basah Mandonga, Pargon mengungkapkan bahwa harga beras saat ini sudah mulai mengalami penurunan seperti pada ukuran 50 kilogram (Kg) sejak 4 hari terakhir. Kata dia, beras dengan ukuran tersebut biasanya dijual pada rentang harga Rp640 ribu hingga Rp650 ribu, kini dijual seharga Rp540 ribu hingga Rp600 ribu.

“Harga per liternya juga ada penurunan sekitar Rp2 ribu dari harga Rp11 ribu sampai Rp12 ribu menjadi Rp10 ribu hingga Rp11 ribu. Begitu juga untuk ukuran 5 kilo, sebelumnya Rp70 ribu menjadi Rp60 ribu,” ungkapnya di Kendari pada Selasa (2/5/2023).

Ia mengaku bahwa stok berasnya diambil dari daerah Konawe dan Kolaka Timur (Koltim). Penurunan harga tersebut disebabkan oleh masa panen yang sedang berlangsung, sehingga stok beras berlimpah. Beda halnya ketika gagal panen atau masa panennya bersamaan, pasti harga pasaran akan mengalami kenaikan.

BACA JUGA :  Hadapi Musim Hujan, PLN Kendari Siagakan Personel 24 Jam

Pantauan Zonasultra.id di pasar basah dan pasar Anduonohu Kendari harga cabai rawit sedang turun. Seperti cabai rawit Indofood dari Rp60 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, sedangkan cabai rawit lokal dari Rp80 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram.

Harga sayuran kol masih dijual di harga Rp18 ribu per kilogram, wortel Rp25 ribu per kilogram, dan kentang Rp30 ribu per kilogram. Selain itu, tomat dari harga Rp20 ribu menjadi Rp16 ribu. Sedangkan bawang putih dan bawang merah masih dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram.

Sedangkan harga telur dari rentan harga Rp60 ribu hingga Rp63 ribu kini seharga Rp55 ribu hingga Rp58 ribu. Untuk per butirnya dijual Rp1.800 sampai Rp2 ribu. Daging sapi juga mengalami penurunan namun tidak signifikan, yakni hanya turun Rp5 ribu per kilogramnya.

BACA JUGA :  Pembongkaran Pasar Panjang Diwarnai Aksi Kekerasan

Penurunan harga daging sapi tersebut sudah terjadi sejak 4 hari terakhir. Daging sapi sebelumnya dibanderol seharga Rp150 ribu per kg, saat ini seharga Rp145 ribu per kg.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae mengatakan bahwa saat ini secara bertahap semua kebutuhan pokok tersebut harganya mulai mengalami penurunan. Hasil pemantauan anggotanya pada empat pasar di Kota Kendari termasuk pasar Mandonga, hampir rata bahan pokok mengalami penurunan.

Ia mengimbau para pedagang agar menjual dengan harga yang sesuai. Kendati pun harus ada kenaikan namun tetap pada angka yang wajar, sehingga masyarakat dapat membeli dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

“Kami akan terus menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok agar tetap aman. Ini akan normal secara otomatis,” ungkapnya. (A)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini