KPU Konut Gelar Kirab Pilkada 2024 sebagai Upaya Sosialisasi

KPU Konut Gelar Kirab Pilkada 2024 sebagai Upaya Sosialisasi
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar acara serah terima Kirab Pilkada serentak 2024 di Halaman Kantor KPU Konut, Rabu (9/10/2024).

ZONASULTRA.ID, WANGGUDU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar acara serah terima Kirab Pilkada serentak 2024 di Halaman Kantor KPU Konut, Rabu (9/10/2024).

Acara ini merupakan bagian dari persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati, yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Kirab Pilkada 2024 ini tidak hanya bertujuan untuk mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat, tetapi juga sebagai sarana pendidikan pemilih, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada.

Acara ini dihadiri oleh Pjs Bupati Konut, diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Konut, La Ondjo, Forkopimda, perwakilan KPU Konawe, serta jajarannya. Selain itu, Bawaslu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Konut, turut berpartisipasi dalam acara ini.

Maskot Pilkada dengan iringan marching band serta atraksi kesenian, dalam menambah semarak acara serah terima kirab tersebut. Prosesi serah terima Kirab Maskot Pilkada Tahun 2024 ini diberikan langsung dari Perwakilan KPU Konawe kepada KPU Konut.

KPU Konut Gelar Kirab Pilkada 2024 sebagai Upaya Sosialisasi

Ketua KPU Kabupaten Konut, Abdul Makmur menyampaikan acara Kirab Pilkada ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi kesadaran masyarakat, penyampaian informasi dan membangun semangat kebersamaan serta rasa persatuan dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024.

“Melalui kirab ini kita sosialisasikan tahapan Pilkada 2024, menyangkut kapan hari pemungutan suara, siapa calon peserta dan hal lain untuk meningkatkan partisipasi sekaligus menjadikan pemilih yang cerdas,” katanya saat memberikan sambutan

Dia menerangkan momentum Pilkada Serentak 2024 merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk ikut memilih pemimpin terbaik yang dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan sekaligus membangun daerah ke arah yang lebih baik.

“Kami berharap kirab ini bukan hanya sebatas seremonial saja tapi juga menjadi simbol dari harapan dan semangat masyarakat Kabupaten Konut dalam menyambut pesta demokrasi yang akan datang,” bebernya

Makmur mengukapkan bahwa KPU Kabupaten Konut, dalam pemilu 2024 kemarin, memiliki angka tertinggi dengan jumlah partisipasi masyarakat di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 92,22%.

“Sebagai catatan yang pada Pilkada sebelumnya pada 2020, dengan partisipasi masyarakat mencapai 93%, yang juga tertinggi di Provinsi Sultra dan ketiga secara Nasional. Hal tersebut menjadi motivasi kami untuk menjaga atau bahkan meningkatkan angka partisipasi masyarakat yang tinggi tersebut,” ungkapnya.

 


Reporter : Sutarman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini