UHO Jajaki Kerjasama dengan Universitas di Berbagai Negara

Mengawali tahun 2015 ini, UHO tengah mengkaji tawaran kerja sama penelitian dari Yalova University, Turki, di bidang perekayasaan (engineering) yang difokuskan pada tiga sektor yakni energi, industri

Mengawali tahun 2015 ini, UHO tengah mengkaji tawaran kerja sama penelitian dari Yalova University, Turki, di bidang perekayasaan (engineering) yang difokuskan pada tiga sektor yakni energi, industri, dan transportasi.
Kepala Lembaga Kerja sama Hubungan Internasional (LKHI) UHO Yulius Bara Pasolon di ruang kerjanya, Rabu  (14/1/2015), mengatakan bahwa rencana kerja sama ini meliputi berbagai bidang, namun Rektor UHO Usman Rianse lebih tertarik pada tiga sektor tersebut karena dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sultra saat ini, khususnya di bidang energi.
“Kerja sama ini tengah dikaji oleh dekan Fakultas Teknik. Kita berharap dengan adanya kerja sama ini kita bisa menciptakan teknologi baru yang dapat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan ketiga sektor tersebut,” kata Yulius.
Selain itu, kata Yulius, kerjasama dengan universitas dari Turki ini juga untuk mendukung pembentukan fakultas baru di lingkup UHO, yaitu Fakultas Teknologi Pangan yang meliputi pertanian, peternakan, dan perikanan.
Yulius menambahkan, pihak UHO saat ini juga tengah bekerja sama dengan dua perguruan tinggi asal Australia yaitu Charles Darwin University dan Australian Nation University di bidang pertambangan rakyat yang akan dipusatkan di Kabupaten Bombana.
UHO juga tengah menjajaki kerja sama dengan tiga perguruan tinggi asal Jepang yaitu Kanazawa University, Yokohama University, dan Ehime University. UHO juga tengah menjalin kerjasama dengan De La Rochele University Perancis.
Tak berhenti di situ, UHO juga tengah menjajaki kerjasama dengan universitas asal Benua Afrika. Bahkan Mei mendatang pimpinan UHO akan bertolak ke Teheran, Iran, untuk menghadiri konferensi sekaligus membuka diri untuk menjalin kerjasama. Ke depan UHO juga akan menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi asal Rusia dan juga Amerika Latin.(*/Jumriati)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini