Kemenpar-AirAsia Perkuat Joint Promosi di Pasar Singapura

pesona indonesia, wonderful indonesia
Ilustrasi
pesona indonesia, wonderful indonesia
Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng maskapai berbiaya hemat AirAsia Singapura untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Kerjasama dalam kampanye pemasaran terintegrasi tersebut mempunyai nilai strategis sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura ke Indonesia dalam mewujudkan target kedatangan wisman tahun ini sebesar 12 juta dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019 mendatang.

Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata Kemenpar Judi Rifajantoro mengatakan, kerjasama promosi dengan AirAsia.com merupakan salah satu cara termudah untuk menjamin jutaan mata iklan karena dapat menargetkan pelanggan berdasarkan negara asal mereka dengan 23 negara dalam 13 bahasa.

“Tujuannya membangun brand awareness dengan homepage dan menjalankan iklan pada situs skycraper advertising. Selain itu, meningkatkan branding Wonderful Indonesia melalui marketing plan AirAsia dan mempromosikan destinasi Indonesia,” kata Judi Rifajantoro.

Judi menilai apa yang dilakukan Kemenpar ini sesuai target dengan coverage penerbangan AirAsia terutama di originasi Singapura serta meningkatkan jumlah kunjungan wisman terutama di originasi Singapura di antaranya melalui penjualan tiket AirAsia dan paket wisata.

Dijelaskan dalam kerjasama tersebut antara lain Kemenpar menganggarkan 50% dari biaya placement pada media yang diusulkan oleh AirAsia; berkoordinasi dengan pihak AirAsia dalam finalisasi desain yang akan digunakan; melakukan launching atau press gathering pada awal kerjasama dengan memfasilitasi komponen sewa tempat, dekorasi, pertunjukan kesenian Indonesia, dan souvenir; serta mengadakan program direct selling atau consumer selling di beberapa lokasi yang disepakati dengan komponen yang difasilitasi oleh Kemenpar berupa sewa tempat, dekorasi, pertunjukan kesenian Indonesia, souvenir.

(Baca Juga : Kemenpar Ajak Pentahelix Kebut Strategi Pemasaran 10 Bali Baru)

Sementara itu sebagai kontraprestasi dari kerjasama tersebut, AirAsia berkomitmen meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia pada periode kerjasama berlangsung dengan memonitor dan melaporkan perbandingan jumlah pengunjung pada periode dan di luar periode tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) wisatawan asal Singapura secara konsisten menduduki peringkat pertama untuk jumlah kedatangan turis mancanegara di Indonesia. Data Kemenpar menunjukkan jumlah kunjungan wisman dari Singapura pada semester pertama tahun ini mencapai 745. 000 wisman.

Maskapai AirAsia telah membuka penerbangan langsung dari Singapura ke sejumlah destinasi unggulan di Indonesia di antaranya; dari Singapura ke Jakarta, Yogyakarta, Bali, Semarang dan Bandung. Selain itu dari Singapura ke destinasi Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Solo, Pontianak, Lombok dan Makassar dengan total penerbangan keseluruhannya mencapai 77 kali per minggu atau terbanyak di antara maskapai penerbangan berbiaya hemat yang ada di kawasan ASEAN. (*)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini