Pemkot Tegaskan Tidak Tebang Pilih dalam Penertiban Baliho Balon Gubernur

Kepala BP2RD Nahwa Umar
Nahwa Umar

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kendari menertibkan baliho bakal pasangan calon (Bapaslon) gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terpasang di pohon.

Dalam penertiban tersebut, Kepala BP2RD Nahwa Umar mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tidak tebang pilih dalam penertiban baliho Bapaslon gubernur dan wakil gubernur.

“Tidak ada yang tebang pilih, karena ini diturunkan di pohon biar baliho Asrun-Hugua. Semua diturunkan kalau dipasang di pohon,” kata Nahwa melalui sambungan telepon selularnya, Rabu (24/1/2018).

Sementara itu terkait baliho yang terpasang di tiang listrik, kata Nahwa, itu memang tidak diturunkan, yang diturunkan oleh Pemkot hanya baliho yang dipasang di pohon.

Dikatakan, dalam surat yang dikeluarkan oleh BP2RD, pihak Pemkot menyurati semua tim sukses Bapaslon gubernur dan wakil gubernur agar menertibkan dan menurunkan baliho yang terpasang di pohon bukan di tiang listrik.

BACA JUGA :  Ini Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Sultra di Pemilu

“Kalau pasangan di pohon itu, pohon bisa mati. Di dalam undang-undang lingkungan memasang baliho di pohon dapat merusak pohon. Makanya itu ada tempatnya, kalau di tiang listrik itu boleh. Kalau di luar negeri justru tempat iklan itu ada di tiang listrik,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah memberikan waktu lima hari kepada tim sukses Bapaslon gubernur dan wakil gubernur untuk menurunkan sendiri baliho para calon gubernur dan wakil gubenur sejak surat penyampaian itu dikeluarkan tanggal 12 Januari lalu. Tapi surat itu diacuhkan, sehingga pihak Pemkot langsung menurunkan baliho tersebut.

“Itukan sesuai surat kami satu minggu, tapi tidak diindahkan. Sekarang giliran Pemkot menertibkan baliho di soroti lagi. Tidak ada tebang pilih, silahkan cek,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Inovasi di Tengah Pandemi, Samsat Drive Thru Segera Beroperasi
Kepala Satpol PP Kota Kendari Amir Hasan
Amir Hasan

Hal senada dikatakan Kepala Satpol PP Kota Kendari Amir Hasan. Dikatakan, dalam penertiban baliho, pihaknya tidak tebang pilih.

Bahkan, bukan hanya baliho bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur saja yang ditertibkan, tapi semua baliho yang terpasang di pohon di wilayah Kota Kendari akan ditertibkan.

Lanjutnya, penertiban baliho yang terpasang di pohon akan dilakukan sampai tuntas di seluruh wilayah Kota Kendari. Untuk penertiban hari ini Satpol PP menyasar Jalan Made Sabara, Kemaraya dan Bypass. Sementara untuk besok, kata Amir Hasan, pihaknya akan menyasar arah Puwaatu.

“Jadi perlu dicatat dalam penurunan baliho ini tidak ada tebang pilih. Biar balihonya pak Asrun, ketika dipasang di pohon kami buka,” kata Amir Hasan melalui sambungan teleponnya, Rabu (24/1/2018). (B)

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Tahir Ose

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini