Pilgub Sultra, Kesbangpol Kendari Sasar Pemilih Pemula

Kepala Kesbangpol Kota Kendari Ridwansyah Taridala (Kanan)
Ridwansyah Taridala (Kanan)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari menyasar pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 27 Juni 2018.

Kepala Kesbangpol Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan, dibanding pada pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari 2017 lalu, partisipasi pemilih pemula tahun ini dipastikan meningkat. Pasalnya, anak-anak SMA di pemilu sebelumnya atau pilkada sebelumnya belum masuk kelompok pemilih, mungkin 2018 ini sudah masuk.

“Yang pasti pemilih pemula itu seiring dengan perkembangan kehidupan sosial masyarakat pastilah ada dan kita dari Kesbangpol sudah koordinasikan dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipasi politik masyarakat,” kata Ridwansyah saat ditemui di pelataran Kantor Wali Kota Kendari, Sabtu (3/2/2018).

BACA JUGA :  Dukung Mobil Listrik, PLN Area Kendari akan Siapkan 2 SPKLU

Lanjutnya, pada pertengahan Februari ini, Kesbangpol Kota Kendari akan melakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok pemilih seperti anak-anak SMA yang baru masuk daftar pemilih tetap (DPT), serta orang-orang tua pensiunan TNI dan Polri.

“Kita rencanakan Februari ini. Sekarang sementara dimatangkan persiapannya, dan kita sudah siapkan materi-materinya termasuk narasumbernya,” ujarnya.

Tujuan sosialisasi itu kata Ridwansyah, adalah untuk membangun pemahaman di kelompok masyarakat, khususnya kelompok-kelompok pemilih pemula supaya bisa bergerak untuk datang ke TPS pada saat pelaksanaan pilkada.

BACA JUGA :  BPOM Kendari Uji Sampel Ikan Kaleng Lokal

“Sekarang kan ada media sosial yang sudah menjadi wadah sosialisasi bagi para aktor politik. Nah pemilih itu jangan hanya memantau perkembangan politik dari media sosial. Terpenting memastikan diri kita telah terdaftar di KPU, dan paling tidak dikelompoknya kita, keluarga kita bisa menjadi pionir untuk menggerakkan saudara-saudara kita kategori pemilih,” tutupnya. (B)

 


Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini