Kepala Basarnas: SAR Harus Bekerja Pakai Hati

BASARNAS - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M. Syaugi saat mendampingi sang istri Ny. Lidya M. Syaugi memotong pita sebagai tanda peresmian penggunaan gedung Kantor SAR Kendari yang baru, Rabu (28/3/2018). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI M. Syaugi meresmikan Kantor SAR Kendari tipe B, Rabu (28/3/2018).

Syaugi berharap hadirnya kantor baru ini dapat meningkatkan integritas dan kinerja Basarnas dalam melakukan operasi penyelamatan sesuai dengan tupoksi yang diatur dalam undang-undang.

“Yang perlu diingat, SAR harus kerja pakai hati. Ini kerja mulia menyelamatkan nyawa manusia baik itu kecelakaan pesawat, kecelakaan laut dan insiden yang mengancam jiwa manusia,” ungkapnya kepada awak media di Kantor SAR Kendari.

Ia juga menegaskan dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, pihak SAR berhak meminta bantuan dari pihak yang menjadi bagian potensi SAR seperti TNI, polri, pemerintah setempat dan masyarakat setiap melakukan operasi penyelamatan. Sehingga tugas pencarian dan pertolongan ini adalah tugas semua pihak bukan hanya SAR.

BACA JUGA :  Kabel Bawah Tanah Rusak Penyebab Listrik Padam di Kendari

“Olehnya itu kerjasama dan saling mendukung antara pihak tersebut harus terus ditingkatkan demi keselamatan bersama,” tukasnya.

Syaugi juga berharap agar seluruh tim SAR Kendari dapat bekerja dengan cepat dan tepat dalam melakukan tindakan operasi di lapangan. Yang paling utama adalah respon tim ketika menerima laporan.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M. Syaugi
Marsekal Madya TNI M. Syaugi

SAR Kendari merupakan salah satu unit pelaksana teknis Badan SAR Pusat tipe B dengan tiga pos SAR yang berada di Kolaka, Baubau dan Wakatobi. Wilayah kerjanya pun cukup luas yakni Sulawesi Tenggara (Sultra), sebagian wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi dalam sambutannya menyambut baik diresmikannya kantor baru SAR Kendari. Menurutnya, ini adalah salah satu bentuk komitmen Basarnas dalam memberikan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Puluhan Nelayan di Nambo Tolak Penertiban Karamba, DPRD: Kita Tunda Dulu

“Saya berharap SAR Kendari dapat lebih berkerja cepat dan maksimal lagi, kami pemda siap memberikan dukungan untuk itu,” jelas Teguh.

Acara peresmian Kantor SAR Kendari ini dihadiri Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdurrahman Shaleh, Kabinda Sultra Brigjen TNI Andi Sumangerukka, Wakapolda Sultra Kombes Winarto, Danrem 143 HO Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, Kepala BNNP Sultra Kombes Pol Bambang Priyambadha, Kepala Bandara Haluoleo Rudi Ricardo serta jajaran pejabat lingkup Basarnas. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini