Masuk Mei, BMKG: Cuaca Sultra Hujan, Gelombang Capai 2,5 Meter

96
Sebaran Hujan Bulan Februari di Sultra Belum Merata
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Berdasarkan pantauan satelit citra Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari kondisi cuaca Sulawesi Tenggara (Sultra) bulan Mei didominasi hujan .

Dijelaskan Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono bahwa, kondisi ini masih diliputi dengan hujan normal walaupun hujannya berlangsung fluktuasi.

Namun bila terjadi gangguan atau anomali misalnya ada belokan angin atau konvergensi maka hujannya akan lama. Secara umum kondisi wilayah Bumi Anoa dari dinamika atmosfer untuk lapisan 850 mb terpantau kelembabannya masih dalam keadaan basah sehingga pembentukan awan-awan hujan masih berpotensi cukup besar.

“Jadi kita tetap menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan kondisi ini, terutama wilayah yang banyak pepohonan dan dibawah baliho atau papan reklame,” ungkap Adi Istiyono kepada zonasultra, Rabu (2/5/2018).

Sementara itu, nelayan juga diminta waspada terhadap tingginya gelombang laut. Terutama di wilayah perairan Kepulauan Wakatobi dan Banda timur Sultra. Ketinggiannya mencapai 0.25 hingga 2.5 meter.

Salah satu penyebabnya bulan Mei sudah memasuki musim angin timur, sebab angin timuran biasanya perairan wilayah Sultra gelombangnya tinggi.

“Para nelayan untuk selalu mencari tahu informasi cuaca dan gelombang yang selalu kami rilis setiap hari,” tukasnya.

“Kemudian kondisi alam sewaktu waktu bisa berubah pak, kita manusia hanya bisa mengantisipasi dengan membuat prediksi secara ilmiah,” jelasnya. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor Tahir Ose

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini