Ali Mazi Resmikan RS Jantung, Perpustakaan Modern, dan Jalan Toronipa

75
Ali Mazi Resmikan RS Jantung, Perpustakaan Modern, dan Jalan Toronipa
Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi meresmikan 3 mega proyek yang dicanangkan dan dibangun selama masa kepemimpinannya bersama Lukman Abunawas pada Sabtu (2/9/2023).(Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi meresmikan 3 mega proyek yang dicanangkan dan dibangun selama masa kepemimpinannya bersama Lukman Abunawas pada Sabtu (2/9/2023).

Ketiga mega proyek tersebut yaitu Rumah Sakit (RJ) Jantung Oputa Yi Koo, Perpustakaan Modern bertaraf internasional dan jalan wisata Toronipa.

Ali Mazi mengatakan bahwa keberadaan rumah sakit jantung tentu sangat penting bagi masyarakat. Rumah sakit ini menjadi solusi dari banyaknya angka kematian yang diakibatkan penyakit jantung, pembuluh darah dan otak serta kurangnya fasilitas kesehatan akan penyakit tersebut.

“Sebelum adanya RS Jantung ini, pasien jantung, pembuluh darah dan otak harus berobat ke luar daerah, di Makassar, Jakarta bahkan luar negeri. Ini upaya kami untuk meningkatkan layanan kesehatan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Ali Mazi berharap, dengan adanya rumah sakit jantung di Sultra bisa menjadi fasilitas kesehatan yang lengkap serta menjadi rujukan khususnya untuk Indonesia bagian timur.

Sementara itu, Ali Mazi mengatakan bahwa keberadaan Perpustakaan Modern bertaraf internasional tersebut disebabkan peradaban dan kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh masyarakatnya.

Hal tersebut dirasa perlu untuk membangun budaya membaca masyarakat serta proses belajar sebagai basis pengembangan budaya keilmuan dalam rangka mengembangkan dan mempersiapkan SDM yang berkualitas.

Selain itu, hadirnya jalan wisata Kendari-Toronipa dikatakan sebagai terobosan baru untuk masyarakat Sultra. Salah satunya yaitu untuk mempermudah akses masyarakat ke lokasi wisata di Toronipa serta akses pariwisata lainnya.

“Sebelum adanya akses jalan ini, masyarakat membutuhkan waktu dua sampai dua setengah jam untuk tiba di wisata Toronipa. Namun kini hanya sekitar 13 menit untuk tiba di wisata Torinipa dari pusat Kota Kendari,” ungkapnya.

Untuk diketahui, akses jalan Kendari-Toronipa menelan anggaran sekitar Rp1 triliun dengan dua tahap pengerjaan dari pembiayaan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Panjang jalan sekitar panjang 11,145 kilometer dengan lebar jalan sekitar 27 meter.

Pembangunan RS Jantung Oputa Yi Koo menelan anggaran Rp458 miliar terdiri dari tahapan pertama sebesar Rp98 miliar dan tahap kedua Rp360 miliar. Luas lahan 5 hektare dengan tinggi bangunan 17 lantai.

Sedangkan pembangunan Perpustakaan Modern menelan anggaran sebesar Rp97,3 miliar terdiri dari tahapan pertama Rp28 miliar dan tahap kedua Rp68 miliar. Tahapan terakhir yakni finishing interior. (A)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini