Kuliah di Prodi S1 Kesmas FIIK UMW Kendari Bisa Selesai Lebih Cepat, Ini Caranya

85
Kuliah di Prodi S1 Kesmas FIIK UMW Kendari Bisa Selesai Lebih Cepat, Ini Caranya
Ketua Prodi S1 Kesmas Erwin Azizi Jayadipraja usai menerima sertifikat Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A dari LLDIKTI Wilayah IX. Sertifikat itu diberikan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Bapak Andi Lukman, Senin (17/7/2023) di Kendari. (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.ID,KENDARI– Mahasiswa yang kuliah pada Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Madala Waluya (UMW) Kendari bisa menyelesaikan studi lebih cepat.

Ketentuan ini berlaku usai, prodi tersebut mendapatkan sertifikat Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A dari LLDIKTI Wilayah IX.

Sertifikat itu diberikan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Bapak Andi Lukman, Senin (17/7/2023) di Kendari.

Ketua Prodi S1 Kesmas Erwin Azizi Jayadipraja mengatakan, hal itu membuka peluang mahasiswa menyelesaikan studinya jauh lebih cepat dengan merekognisi pengalamannya dengan matakuliah yang ada di program studi.

Kemudian RPL memungkinkan transfer keredit kuliah sebelumnya baik selesai atau tidak selesai (DO), alih jenjang, pendidikan yang tidak linear sebelumnya, lintas jalur (dari vokasi D3 ke akademik S1).

Selain itu dapat juga melalui perolehan kredit dari pendidikan formal (pelatihan, kursus, sertifikat profesi dan sebagainya), pendidikan non formal, dan pengalaman kerjanya. Sehingga nanti mahasiswa cukup mengikuti kuliah lebih sedikit, hanya di matakuliah yang belum dapat direkognisi saja.

“Ditegaskan pula bahwa ini momen terbaik untuk kuliah bagi yang pernah putus kuliah (DO), tidak linear, naik jenjang dari D3 ke S1, atau pekerja yang memiliki pengalaman atau serfitikat yang memenuhi kriteria untuk di trasnfer ilmunya,” katanya kepada zonasultra, Selasa (18/7/2023).

Kuliah di Prodi S1 Kesmas FIIK UMW Kendari Bisa Selesai Lebih Cepat, Ini CaranyaErwin menjelaskan, ada tiga cara untuk mengikuti program tersebut. Pertama, transfer kredit alih jenjang pendidikan (misal d3 ke s1) data dari transkrip nilai dan pehamannya.

Kedua, perolehan kredit, bisa dari pendidikan formal seperti pelatihan, kursus dan sertifikat profesi) dan pendidikan non formal. Dan ketiga pengalaman kerja.

BACA JUGA :  UMW Kendari Raih Penghargaan Juara 1 dari BPJS Ketenagakerjaan

“Semua itu dibawa bukti-buktinya baik berupa sertifikat, ijazah, sk, dokumentasi, dan sebagainya. nanti itu akan di asesment oleh minimal dua sampai empat orang assesor universitas yang ditunjuk,” ujarnya.

Apabila memenuhi maka beberapa mata kuliah dapat diklaim sehingga tidak perlu lagi memprogram mata kuliah tersebut.

Untuk diketahui, di UMW Kendari terdapat 8 Program studi yang sudah memiliki sertifikat pelaksanaan RPL ini. Yakni Prodi S1 dan S2 Kesmas, S1 Keperawatan dan Ners, S1 Farmasi, D4 Teknik Laboratorium Medis, D3 Sanitasi dan D3 Elektro.

Erwin berharap hal ini menjadi momen terbaik bagi yang pernah putus kuliah, naik jenjang dari D3 ke S1, atau pekerja yang memiliki pengalaman atau serfitikat yang memenuhi kriteria untuk di transfer ilmunya. (*)

 


Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini