Sultra Job Fair Dibuka di Lippo Plaza Kendari hingga 1 Desember 2023

Sultra Job Fair Dibuka di Lippo Plaza Kendari hingga 1 Desember 2023
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto resmi membuka Sultra Job Fair 2023 di Lippo Plaza Kendari pada Rabu (29/11/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali membuka Sultra Job Fair untuk memfasilitasi perusahaan pencari tenaga kerja dan para calon pekerja di Lippo Plaza Kendari pada 29 November hingga 1 Desember 2023.

Pada Job Fair 2023 tersebut ada 25 perusahaan yang membuka 1.257 lowongan dan 108 jabatan yaitu pertambangan 7 perusahaan, pembiayaan 6 perusahaan, retails 5 perusahaan, penyedia jasa tenaga kerja 2 perusahaan.

Selanjutnya, perhotelan 1 perusahaan, perkebunan tebu dan pabrik 1 perusahaan, perkebunan kelapa sawit 1 perusahaan, penguji dan pengawasan (lab) 1 perusahaan dan perikanan 1 perusahaan.

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan, berdasarkan dasar hukum yang menjadi acuan di dalam melangkah, ada sekitar 13.466 perusahaan di Sultra. Namun yang membuka lowongan saat ini hanya 25 perusahaan.

BACA JUGA :  Angka Kecelakaan Kerja di Sultra Meningkat dalam 3 Tahun Terakhir

“Tentu ini ‘jauh panggang daripada api’. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada 25 perusahaan yang telah membuka lowongan kerja pada job fair ini,” ucap Andap.

Kata dia, berdasarkan aturan, setiap perusahaan wajib melaporkan kondisi perusahaannya. Saat ini, perusahaan yang kadaluarsa di Sultra sebanyak 4.260 perusahaan dan yang aktif 3.125 perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, La Ode Muhammad Haswandy mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut didasarkan pada undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

BACA JUGA :  Tunjukkan Kinerja Baik, 362 Desa di Sultra Terima Dana Insentif

Serta Permenaker Nomor 39 tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja dan DPA perubahan dinas transmigrasi dan tenaga kerja provinsi Sultra tahun 2023.

Ia menyebut kegiatan tersebut untuk memberi fasilitas pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat serta keterampilan yang dimiliki.

“Ini juga untuk memfasilitasi perusahaan dalam mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan. Serta upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran di Sultra,” ucap Haswandy. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini