Dinas PU Konut Bersihkan Genangan Air dan Tanah Longsor di Wanggudu

270
Dinas PU Konut Bersihkan Genangan Air dan Tanah Longsor di Wanggudu
PERBAIKAN JALAN - Tim Dinas PU Konut melakukan evakuasi jalan wilayah ibu kota wanggudu, tepatnya di Desa Lambudoni, kecamatan andowia yang tergenangi air akibat tertutupi tanah longsor. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) membersihkan genangan air dan tanah longsor yang menutupi badan jalan poros wilayah Ibu Kota Wanggudu, Konut tepatnya di Desa Lambudoni, Kecamatan Andowia.

Pelaksana tugas (Plt), Kepala Dinas PU Konut, Majerudin mengatakan, penanganan itu dilakukan langsung dengan cara menurunkan tim jajaranya yang dilengkapi fasilitas mobilisasi seperti, exavator.

Di lokasi itu, lanjut mantan Camat Konawe ini, pihaknya langsung membenahi tebing gunung dan membentuk drainase sebagai tempat mengalirnya air yang tergenang di badan jalan.

“Tanah yang longsor banyak, di tambah genangan air, jadi perbaikannya agak memakan waktu. Tapi kami pastikan hari ini juga sudah bisa di lintasi kendaraan. Kami atasi sampai tuntas,”kata pria bertubuh tinggi besar ini saat dikonfirmasi, Selasa (10/7/2018).

BACA JUGA :  Petugas SPBU Wanggudu Raya Kedapatan Isi Pertalite ke Jeriken dalam Mobil

Dari pantauan awak media yang berada di lokasi, alat berat jenis exavator komatsu terus digerakkan untuk memindahkan tumpukan tanah yang masuk ke badan jalan. Di tempat itu juga dibentuk saluran pembungan air.

(Baca Juga : Dinas PUPR Konut Kirim Daftar Perusahaan Bermasalah di BPK)

Sedangkan untuk kendaraan, baik roda dua maupun empat yang tadinya tidak bisa menggunakan jalur kiri arah menuju ibu kota Wanggudu, karena tergenang air, kini sudah bisa di lalui. Air yang menutupi badan jalan setingi 60 sentimeter, panjang 100 meter telah surut.

BACA JUGA :  KPU Konut : Maju di Pilkada, Caleg Terpilih Wajib Mundur

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan yang kembali mengguyur wilayah konut membanjir beberapa kecamatan dan desa di wilayah itu. Bahkan, jalur kiri menuju ibu kota wanggudu tepatnya di desa Lambudoni lumpuh akibat digenangi air dan tertutup tanah longsor. Akibatnya, kendaraan menggunakan jalur kanan arah berlawanan yang sangat rentang menimbulkan kecelakaan. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini