Inspeksi Mendadak, Imigrasi Kendari Dinilai Berikan Pelayanan Maksimal

84
Abdurrahman Saleh
Abdurrahman Saleh

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Guna memastikan kelancaran pelayanan pengurusan paspor, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Ketua DPRD Sultra melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Kamis (28/3/2019).

Ketua DPRD Sultra Abdurraahman Shaleh mengatakan dari hasil sidak itu, Kantor Imigrasi Kendari telah melakukan pelayanan maksimal terhadap masyarakat. Sidak tersebut guna memastikan proses pelayanan paspor kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai mekanisme yang ada.

“Imigrasi harus bisa lebih proaktif, jadi masyarakat tidak perlu lagi ke Imigrasi, namun syarat-syarat yang diminta bisa dipenuhi. Dan ini adalah kunjungan mendadak, tanpa diketahui yang lain untuk melihat seberapa besar integritas, kerja maksimal dan profesional dari Imigrasi,” ucapnya.

BACA JUGA :  Sultra Ekspor 56 Ton Biji Pinang ke Negara Iran

(Baca Juga : DPRD Sultra Dukung Pencabutan IUP di Wawonii)

Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan menjelaskan pihaknya akan terus mendorong peningkatan kinerja Imigrasi terkait masalah pelayanan paspor. “Tentu ini dalam rangka menuju ke arah birokrasi yang bersih dari korupsi, dan akan terus kita perbaiki,” terangnya.

Kepala Imigrasi Kendari Barron Ichsan mengaku, guna mempermudah layanan pengurusan paspor bagi masyarakat, pihaknya bakal melakukan layanan jemput bola atau jemput berkas di enam kabupaten/kota di Sultra.

“Untuk saat ini baru enam daerah karena kita juga masih memiliki keterbatasan kendaraan operasional. Sehingga kita berharap bisa mendapat support dari DPRD juga,” ujar Barron.

BACA JUGA :  Pemerintah Salurkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah untuk 219.428 KPM di Sultra

Barron menjelaskan layanan jemput bola dari Imigrasi merupakan upaya dalam memberikan kecepatan pelayanan kepada masyarakat. “Misalnya, ada lansia di Kolaka Utara (Kolut) yang akan mengurus paspor, karena jaraknya yang sangat jauh lansia ini tidak perlu lagi ke sini untuk repot-repot. Ada tim kita yang akan kesana menjemput berkasnya, nah inilah yang kita sebut layanan jemput bola,” tandasnya. (B)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini