Polisi Tak Temukan Ada Unsur Kesengajaan Kebakaran Hutan di Konsel

Polisi Tak Temukan Ada Unsur Kesengajaan Kebakaran Hutan di Konsel
KEBAKARAN - Kondisi puncak Gunung Popalia usai dilalap api beberapa waktu lalu. Polisi menyimpulkan kebakaran terjadi akibat cuaca panas. (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Polisi memastikan tak ada unsur kesengajaan dalam kebakaran hutan di Gunung Popalia yang terletak di Desa Wolasi, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kapolsek Wolasi Inspektur Polisi Satu (Iptu) Zainudin mengatakan, pihaknya melakukan penyelidikan sejak api mulai mengepul hingga membuat panik warga sekitar.

“Tidak ada (penahanan), semua saksi mata sudah kita tanya, hasilnya kami menyimpulkan kebakaran ini tidak sengaja dibakar, kami menduga kebakaran itu akibat cuaca panas,” kata Zainudin saat dihubungi, Sabtu (21/9/2019).

BACA JUGA :  Banyak Pelanggaran, 4 Perusahaan Tambang di Konsel Didemo

Zainudin mengaku pihaknya akan semakin meningkatkan pengawasan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu.

Sementara Camat Wolasi Alimun mengatakan, pihaknya dibantu oleh sejumlah petugas saat memadamkan api di gunung yang masuk kawasan hutan lindung itu.

(Baca Juga : Gunung Popalia di Konsel Terbakar)

BACA JUGA :  Enam Kotak Suara di Bombana dan Empat di Konsel Rusak Terkena Air Hujan

“Ada dari kehutanan, personel Polri, TNI, Manggala Agni semua turun, alhamdulillah sekarang sudah aman,” ujar Alimun.

Saat ini pemerintah kecamatan setempat bersama personel TNI dan Polri terus melakukan imbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan.

Pada Selasa (17/9/2019), warga sekitar dikagetkan dengan terbakarnya Gunung Popalia. Kepulan asap mulai tampak sekitar pukul 19.00 WITA. (b)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini