Investor Pasar Saham di Sultra Tumbuh 26 Persen

Pelaksana Harian (PH) Kepala Kantor Perwakilan BEI Sultra Ricky
Ricky

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat pertumbuan investor yang ikut dalam pasar saham tumbuh 26 persen di kuartal III tahun 2019.

Pelaksana Harian (PH) Kepala Kantor Perwakilan BEI Sultra Ricky mengatakan per Desember 2018 total investor pasar saham di Sultra mencapai 2.823 single investor identification (SID), pada kuartal III tahun 2019 tumbuh 26 persen. Posisi terakhir pada September 2019, jumlahnya sudah 3.575 SID.

Baca Juga : BEI Sultra Ajak Nobar Pubex Investor Muda di Kendari

Sebaran investor ini berada di 12 kabupaten/kota se-Sultra. Kota Kendari menjadi yang tertinggi dengan jumlah 1.433 SID, disusul Kabupaten Kolaka 1.028 SID, kemudian Kota Baubau 375 SID, Kabupaten Muna 179 SID, Konawe Selatan (Konsel) 152 SID, Konawe 139 SID, Buton 102 SID, Wakatobi 41 SID, Kolaka Utara (Kolut) 40 SID, Buton Utara (Butur) 36 SID dan Konawe Utara (Konut) 7 SID.

BACA JUGA :  Investasi Indodax.com Sedang Mendaftar ke BAPPEBTI

Dari data investor pasar saham itu, usia 30 tahun ke bawah mencapai 44 persen dan di atas 30 tahun 56 persen. Sedangkan usia 40 tahun ke bawah 67 persen persen dan diatas 40 tahun 33 persen.

Karakter dari investor Sultra pun bervariatif ada yang setiap minggu melakukan transaksi jual beli saham dan adapula setiap bulannya hanya menambah jumlah sahamnya pada perusahaan yang terdapat di bursa.

Baca Juga : Kunjungi Kantor ZonaSultra, BEI Sharing Soal Pasar Saham

Investor ini juga banyak yang membeli saham dari perusahaan yang bergerak di sektor keuangan, perusahaan konsumer serta perusahaan bidang infrastruktur.

BACA JUGA :  Selama Ramadan, Kantor Pos Kendari Tetap Berikan Pelayanan Prima

“Banyak faktor sih yang mas yang bisa meningkatkan jumlah investor kita mulai dari pemahaman mereka sudah mengetahui keuntungan investasi di pasar saham BEI dan lain-lain,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/10/2019).

Yang paling memberikan dampak siginifikan pertumbuhan investor di Sultra adalah dengan dibukanya galeri investasi oleh BEI di sejumlah universitas yakni Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, Universitas Unidayan Baubau, Universitas Muhammadiyah Buton serta IAIN Kendari.

Selain itu, kegiatan sosialisasi dan sekolah pasar saham juga turut andil dalam memberikan dampak pada pertumbuhan jumlah investor serta pelaksaan workshop oleh BEI. (A)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini