Tiga Unit Mesin Listrik di Batuatas Segera Dioperasikan

Tiga Unit Mesin Listrik di Batuatas Segera Dioperasikan
Mesin Listrik - Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani saat meninjau kesiapan mesin listrik di Kecamatan Batuatas, Rabu (09/6/2021). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BATAUGA – Kabar baik bagi warga Kecamatan Batuatas, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang selama ini tak menerima pasokan listrik yang memadai. Pasalnya, tiga unit mesin listrik sudah siap dan pengoperasiannya akan dioptimalkan akhir tahun 2021 ini.

Bupati Busel, La Ode Arusani dan Ketua Tim Penggerak PKK, Wa Ode Ruhaniah bersama Tim PLN melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Batuatas, Rabu (9/6/2021). Turut hadir sejumlah Anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, serta Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Busel.

Kunker kali ini untuk melakukan survei jaringan dan meninjau tiga unit mesin listrik yang telah disediakan oleh pemerintah daerah dengan kapasitas 300 KW di Desa Batuatas Timur, 65 KW di Tolando Jaya dan 75 KW di Liwu. Hal ini untuk optimalisasi pengoperasian di akhir tahun ini dengan estimasi mampu melayani 3.000 pelanggan.

Bupati Arusani mengungkapkan, tak mudah menyiapkan pasokan kelistrikan di pulau Batuatas yang jaraknya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Busel, dengan jarak waktu tempuh sekitar 4 jam. Ditambah lagi cuaca ekstrem dan gelombang lautnya.

“Perjuangan menghadirkan listrik di Kecamatan Batuatas bukan hal yang mudah namun cukup menguras energi dan keberanian untuk menyediakan fasilitas, apalagi meyakinkan mereka (Tim PLN) untuk turun di Batuatas saat kondisi cuaca saat ini. Termasuk juga bagaimana membangun kolaborasi bersama antara Kementerian ESDM, PLN dan pemerintah daerah agar tahun 2021 listrik dapat menyala di Pulau Batuatas,” jelasnya.

Selain itu Bupati Arusani memastikan kegiatan yang menjadi usulan masyarakat pada Oktober 2020 lalu telah dianggarkan pada APBD tahun 2021. Diantaranya, rehabilitasi pelabuhan ujung Desa Batuatas Timur, rehabilitasi Pelabuhan Rakyat Desa Wacuala, pembangunan 3 RKB Gedung SMPN 3 Batuatas, dan peningkatan jalan menuju Dusun Liwu. Yang lainnya yakni: pembangunan Puskesmas Batuatas Barat, penyerahan 3 unit bantuan sepeda motor untuk tokoh adat atau Parabela, termasuk pembangunan jaringan listrik Batuatas.

Pada kesempatan kunker kali ini, Bupati Arusani diminta oleh masyarakat setempat untuk meresmikan jaringan air bersih Desa Wacuala yang dibangun dari Dana Desa Tahap 1 Tahun 2021. Kata dia, pemerintah daerah akan menyiapkan prasarana lainnya sehingga air yang ada dapat dinikmati seluruh masyarakat Desa Wacuala sampai di rumahnya.

Dalam tatap muka dengan masyarakat, Arusani kembali menerima beberapa usulan masyarakat dan langsung menindaklanjuti dengan memerintahkan Kepala OPD terkait dan langsung turun melakukan peninjauan ke lokasi. (B)


Penulis: M10
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini