Triwulan III 2021, Jasa Raharja Sultra Catat Santunan Kematian Naik Rp1 Miliar

62
Kepala Jasa Raharja Sultra, Saldhy Putranto
Saldhy Putranto

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Jasa Raharja Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat terjadi kenaikan sebesar Rp1 miliar untuk pemberian santunan korban meninggal pada triwulan III 2021 dibanding dengan periode yang sama tahun 2020.

Kepala Jasa Raharja Sultra, Saldhy Putranto mengatakan bahwa total santunan sampai dengan triwulan III 2021 untuk korban meninggal dunia sebesar Rp8 miliar meningkat dari periode yang sama tahun lalu yaitu Rp7 miliar. Sementara itu, santunan untuk korban luka-luka pada triwulan III sebesar Rp4 miliar hampir sama dibandingkan periode tahun 2020.

“Jumlah santunan bagi ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di Sultra mengalami kenaikan di triwulan III 2021 dengan total Rp12 miliar,” ucap Saldhy di Kendari pada Jumat (29/10/2021).

Ia menjelaskan bahwa periode tahun sebelumnya, Jasa Raharja memberikan santunan dengan total Rp11 miliar dengan rincian Rp7 miliar untuk korban meninggal dan Rp4 miliar untuk korban luka-luka.

BACA JUGA :  7 Keunggulan MacBook Air yang Membuatnya Jadi Pilihan Utama

Penyerahan santunan diberikan kepada
korban luka-luka dengan menggunakan dua metode, metode pertama yaitu transfer ke rekening bank pihak ke-3 dalam hal ini pihak rumah sakit yang memberikan perawatan medis terhadap korban. Dan metode kedua melalui transfer ke rekening bank korban kecelakaan yang mengajukan langsung ke jantor PT Jasa Raharja.

Sementara itu, kecepatan penyelesaian santunan untuk meninggal dunia rata-rata 1,24 hari sejak terjadinya kecelakaan. Sedangkan untuk penggantian biaya rawatan terhadap 35 rumah sakit yang telah bekerja sama sebesar 97,62 persen dari total korban kecelakaan yang mengalami luka-luka.

Dalam upaya pencegahan kecelakaan, Jasa Raharja telah memberikan bantuan kepada instansi terkait berupa kegiatan maupun alat keselamatan lalu lintas dan transportasi. Bantuan yang diberikan
berupa spanduk atau brosur berisi himbauan keselamatan berlalu lintas di titik rawan kecelakaan.

Selain itu, Jasa Raharja telah menyalurkan berbagai kegiatan tanggungjawab sosial dan lingkungan selama triwulan III 2021 berupa bantuan bibit pohon dan media tanam di lingkungan masjid Al-alam Kota Kendari.

BACA JUGA :  Indosat membukukan pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di tahun 2023

Selanjutnya, penyerahan bibit pohon tanaman buah di pangkalan udara haluoleo, pembagian 100 paket sembako kepada masyarakat terdampak covid-19 di Kota Kendari, pembagian paket sembako
dalam kegiatan HUT kemerdekaan RI ke 76 kepada masyarakat umum yang terdampak covid-19.

Selain itu, sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat Jasa Raharja Sultra juga melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendidikan kewirausahaan dan pemberian alat usaha kepada ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di Kota Kendari.

“Setiap kegiatannya selaras dengan program kerja pemerintah untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, dengan mengimplementasikan core value Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif (AKHLAK),” tutup Saldhy. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini