Prodi Farmasi UMW Kendari Laksanakan PKL Fitokimia di Wawatu

Prodi Farmasi UMW Kendari Laksanakan PKL Fitokimia di Wawatu
UMW Kendari - Program Studi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Mandala Waluya (UMW) kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Praktek Kuliah Lapangan (PKL) Fitokimia di desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, provinsi Sultra, pada Sabtu (4/6/2022). (Sutarman/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Program Studi Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Praktek Kuliah Lapangan (PKL) Fitokimia di Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Konawe Selatan, Sultra pada Sabtu (4/6/2022).

Ketua panitia selaku dosen Prodi Farmasi UMW Kendari Rismayanti Fauziah mengatakan, tujuan PKL fitokimia ini untuk mengambil sampel tanaman, khususnya tanaman obat yang akan dianalisis pada kegiatan praktikum fitokimia di laboratorium farmasi.

“Dengan PKL ini saya berharap mahasiswa dapat mengetahui manfaat tanaman secara empiris dan juga mengetahui proses pembuatan simplisia yang nantinya akan dilanjutkan ke tahap praktikum di laboratorium,” kata Rismayanti Fauziah melalui WhatsApp, Minggu (5/6/2022).

Adapun tanaman yang ditemukan di lapangan, yakni daun komba-komba, sereh merah, keji beling, daun singi, tembelekan, daun senggani, kunyit, daun ketepeng, dan daun pecut kuda.

Sementara Ketua Prodi Farmasi UMW Kendari Yuliastri mengungkapkan, Desa Wawatu dipilih sebagai lokasi PKL karena salah satu desa binaan Prodi Farmasi dan memiliki nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait kegiatan penelitian dan pengabdian di desa tersebut.

Yuliastri berharap kegiatan ini dapat membantu mahasiswa mendapatkan sampel tanaman obat yang bisa dikembangkan di laboratorium prodi farmasi UMW Kendari.

Untuk diketahui, kegiatan PKL ini salah satu mata kuliah wajib mahasiswa prodi Farmasi. PKL Fitokimia ini diikuti sebanyak 163 mahasiswa dan seluruh dosen prodi Farmasi UMW Kendari. (b)


Kontributor: Sutarman
Editor: Jumriati

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih telah berkunjung di desa kami tercinta ini, semoga dapat menjadi wadah terbaik utk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yg adik2, dan dapat bermanfaat untuk bynk orang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini