Tahun Ini Wakatobi Kebagian 3 Unit Ambulans Laut

Tahun Ini Wakatobi Kebagian 3 Unit Ambulans Laut
Muliadin Anis

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI– Tahun 2023 ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) kebagian tiga unit speedboat ambulans laut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi Muliadin Anis menyebutkan, dua unit speedboat tersebut sumber anggarannya dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui dana alokasi khusus (DAK) bidang kesehatan.

Satu unitnya lagi, bersumber dari hibah Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Operasionalnya pun, kata dia, sudah disiapkan oleh Pemda melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Dinkes.

“Tahun ini ada tambahan speed untuk ambulans laut inshaallah tiga unit, sehingga bisa kita tempatkan di semua pulau. Untuk mendukung fasilitas rujukan dari Puskesmas di semua pulau se-Kabupaten Wakatobi,” ungkapnya di Wangiwangi, Sabtu (25/2/2023).

BACA JUGA :  BI Bersama TNI AL Keliling Edarkan Uang Rupiah Baru di Wakatobi

Tiga unit ambulans laut tersebut dibekali mesin berkapasitas 600 PK (300 PK dua unit) dengan kecepatan rata-rata 30 mil/jam.

“Kalau Kaledupa jarak tempuhnya sekitar setengah jam, Tomia satu sampai satu setengah jam, ke Binongko satu setengah sampai dua jam tergantung cuaca, kalau teduh kecepatan bisa lebih maksimal. Untuk fasilitas ambulans daratnya juga sudah siap di semua pulau, dan itu gratis,” ujarnya.

BACA JUGA :  Atlet Wakatobi Peraih Medali di Porprov Terima Bonus

Fasilitas pelayanan ambulans laut itu, diprioritaskan untuk rujukan emergency persalinan, emergency kegawatdaruratan medis. Tentunya atas indikasi medis atau diagnosa bahwa masyarakat atau pasien memang sudah membutuhkan pelayanan di fasilitas tingkat lanjut.

“Artinya atas indikasi medis tidak bisa lagi ditangani di puskesmas dan memang membutuhkan pelayanan rujukan maka difasilitasi oleh Pemda. Baik dari Puskesmas ke rumah sakit kita, atau dari rumah sakit kita ke Baubau, kita cari yang terdekat lewat Malaoge atau Lasalimu (Buton),” pungkasnya. (B)


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini