ZONASULTRA.COM, KENDARI – Adanya keluhan masyarakat terkait pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Pendidikan Bahteramas yang tidak melayani peserta beberapa hari terkahir ini dinilai salah oleh pihak BPJS Kesehatan.
Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan cabang Kendari Imran Hasyim mengatakan jika lambannya pelayanan beberapa hari terakhir disebabkan karena jaringan di rumah sakit yang rusak bukan server BPJS Kesehatan.
“IT kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak rumah sakit dan sudah diperbaiki dan hari ini sudah melayani lagi oleh petugas rumah sakit,” ungkap Imran melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (11/2/2017).
Menurut Imran, bukan pihaknya yang memberikan layanan yang tidak baik kepada peserta melainkan pihak rumah sakit. Meskipun jaringan mengalami gangguan semestinya dapat dilakukan secara manual nanti setelah jaringan baik baru diinput ke sistem.
Untuk diketahui, salah satu peserta BPJS Kesehatan Nurjati Tombili (42), warga Desa Ambolili, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengaku sudah masuk sejak Kamis, 9 Februari 2017 lalu dan baru hari mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan yang berada di loket 5.
(Baca Juga : Warga Keluhkan Layanan BPJS Kesehatan di RSUD Bahteramas Buruk)
Nurjati membawa anaknya, Tria (18) karena harus segera dioperasi usus buntu. Namun operasinya ditunda karena belum mendapatkan layanan pengurusan di BPJS Kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS) nomor 0000952795416.
Warga lainnya, Muhammad Haris yang juga merupakan Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mengatakan jika tidak ada reaksi dan komplain yang dilakukan kurang lebih 100 warga terhadap pihak rumah sakit maka tidak akan ada pelayanan seperti sekarang ini. “Ada beberapa warga juga yang sudah pulang sekitar 40 orang,” tuturnya. (B)
Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati